Berita

DANLANUD REMBIGA SAMBUT KASAU DI TAMBORA, NTB

Dibaca: 59 Oleh 15 Sep 2014Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Komandan Lanud Rembiga Letkol Pnb Ardi Syahri ST. MM, MMA, beserta staf pendukung, menyambut kedatangan rombongan Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Ida Bagus Putu Dunia di Pura Agung Udaya Parwata di Gunung Tambora Kab. Dompu NTB Jum’at (12/9).

Kasau tiba pukul 10.20 WITA di desa pancasila kec. Pekat kab. dompu dengan menggunakan pesawat Heli VIP Super puma H-3214 setelah sebelumnya meninjau lokasi tanah untuk Satrad TNI Angkatan Udara di Tambolaka. Turut hadir dalam menyambut Kasau, Kapolres bima kota AKBP Ekawana Prasta, Kepala Desa Pancasila Bp. Hasanudin,Danramil Pekat Kpt Inf I Made Suandi.

Kedatangan Kasau beserta rombongan yang terdiri dari Aslog Kasau Marsda TNI Ida Bagus Anom M, SE., Pangkoopsau II Marsda TNI Abdul Muis, Kadisfaskonau, Kadiskumau, Koorsmin kasau, merupakan kali pertama di pura agung udaya parwata dalam rangka upacara pujawali (HUT) ke 30 pura agung dan penyucian pura dengan karya agung mamungkah, mepedusan agung, tawur balik sumpah, ngenteg linggih lan penyegjeg jagat. Upacara ini semua dilakasanakan karena telah selesainya Pemugaran palinggih mandala utama Pura Agung Udaya Parwata Tambora.

Baca juga:  Apel Khusus Di Pusdiklathanudnas Surabaya

Keberadaan Pura Agung Udaya Parwata Tambora ini sendiri sesuai Dewa, Raja dan Rishi Purana dikisahkan, pada zaman dulu pemargi Ida Bethara Putra Jaya dan Hyang Dewi Danuh yang diutus ayahnya Hyang Pasupati. Ida berdua melakukan perjalanan suci ke jagat Bali Bangsil –nusantara. Mereka ke Timur mencari jejak kaki Shivaiswara. Pada akhirnya sampailah ke payogan Bethara Brahma yang kini disebut Pura Tambora tersebut.

Pura Agung Tambora ini terletak di lereng barat Gunung Tambora pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut, disuatu desa yang bernama Oibura Kecamatan Tambora Kabupaten Bima Pulau Sumbawa NTB, ketinggian Gunung Tambora sendiri pada awalnya adalah 4.851 meter dan di tahun 1815 gunung itu meletus dan menyisakan ketinggian hanya 2.500 meter, namun kawah gunung Tambora ini diyakini terluas di seantero jagat.

DANLANUD REMBIGA SAMBUT KASAU DI TAMBORA, NTB

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel