Berita

Danlanud RHF Hadiri Latihan Operasi Pembebasan Sandera Koopsus TNI di Bintan

Dibaca: 55 Oleh 27 Nov 2020November 28th, 2020Tidak ada komentar
Danlanud RHF Hadiri Latihan Operasi Pembebasan Sandera Koopsus TNI
#TNIAU 

TNI AU. BINTAN. Komandan Pangkalan TNI AU Raja Haji Fisabilillah Kolonel Pnb Andi Wijanarko menghadiri Kegiatan Latihan Penanggulan Teror oleh Satgas Gultor Komando Operasi Khusus (Koopsus) TNI yang digelar di PT. Bintan Alumina Indonesia, Galang Batang, Bintan, Jumat (27/11).

Latihan yang bertema “Satuan Aksi Khusus Koopsus TNI Melaksanakan Penanggulangan Terorisme Dalam Rangka Operasi Pengamanan VVIP Pada Masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kepulauan Riau Guna Mendukung Tugas Pokok TNI” tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Komando Operasi Khusus TNI Mayjen TNI Richard T.H. Tampubolon.

Skenario latihan dimulai dengan kegiatan penyerbuan gedung yang dilaksanakan oleh Satgas Gultor TNI dalam rangka pembebasan sandera di PT. BAI, di mana gedung tersebut telah dikuasai oleh kelompok teroris yang menyandera beberapa VIP. Kendaraan taktis berjenis Bushmaster dan Senator melaksanakan infiltrasi secara senyap dengan membawa personel yang telah disiapkan. Kelompok Sniper juga telah disiapkan pada posisi masing-masing. Dengan cepat dan sigap Pasukan Aksi Khusus turun dari kendaraan dengan mengamankan sektor sesuai pengamanan dalam penyerbuan gedung serta melumpuhkan teroris yang berjaga di sekitaran gedung hingga menuju sasaran yang akan diselamatkan serta menguasai setiap ruangan. Setelah melumpuhkan teroris, dengan cepat sandera dievakuasi dengan kendaraan taktis lapis baja meninggalkan gedung.

Baca juga:  Lanud Sjamsudin Noor Ikuti Upacara Gelar Pasukan Operasi Lilin Intan 2018 di Poltabes Banjarmasin

Sementara itu, di pelabuhan terdapat beberapa teroris yang sedang berjaga mengamankan sektor dermaga, dengan waktu yang bersamaan, pasukan aksi khusus menyerbu melalui laut dengan menggunakan Sea Rider serta udara dengan menggunakan Helikopter dan berhasil mengamankan dermaga dari teroris. Kegiatan berakhhir setelah Tim Gultor TNI melaksanakan eksfiltriasi menuju titik akhir melaksanakan konsolidasi dan melaporkan keberhasilan ke komando atas.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Pangkogabwilhan I, Laksdya TNI I NYoman Gede Ariawan, S.E., M.M., Danrem 033/WP Brigjend TNI Harnoto, S.Sos., Danlantamal IV Tanjungpinang Lakma TNI Indarto Budiarto, S.E., Kafasharkan Mentigi Kolonel Laut (T) Suharto, Dandim 0315/Bintan Kolonel Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, Danwing I Puspenerbal Kolonel Laut (P) Imam Syafi’I, Danlanudal Tanjungpinang Kolonel Laut (P) Heru Prasetyo, Komandan KRI Semarang-594 Letkol Laut (P) Pantun Ujung, M.Tr.(Hanla)., Dirut PT. BAI Bapak Santoni, General Manager PT. BAI Bapak Santos, serta General Manager Bandara Raja Haji Fisabilillah Bapak Bravian Bambang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel