Berita

Danlanud Rsn Bantu Komnas PA Riau Evakuasi Anak-Anak Akibat Konflik

Dibaca: 15 Oleh 20 Sep 2021Tidak ada komentar
19. WhatsApp Image 2021 09 19 at 06.51.10
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., mengerahkan satu unit truk milik TNI AU untuk membantu Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Riau untuk mendukung evakuasi ratusan anak-anak terlantar akibat konflik buruh dan PT Padasa Enam Utama Kampar, Sabtu (18/9/21).

Komandan Lanud Rsn Marsma TNI Andi Kustoro, S.E., mengatakan, bahwa anak-anak merupakan aset bangsa yang akan menjadi generasi penerus masa depan bangsa. Oleh karena itu menyelamatkan anak-anak berarti menyelamatkan masa depan bangsa. Maka penting melindungi anak-anak terutama akibat konflik yang bisa menyebabkan sindrom psikologis bagi anak-anak itu sendiri.

“Bantuan truk milik TNI AU diberikan untuk membantu pemerintah hal ini Komnas PA Riau, dalam mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya, hal ini tentunya sesuai dengan salah satu isi 8 Wajib TNI,” ujar Andi Kustoro, S.E.

Ketua Komnas PA Riau Dewi Arisanty mengatakan, ratusan nantiasa menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnyaanak-anak yang terlantar akibat konflik buruh dan PT Padasa Enam Utama yang berada di Desa Kabun, Kabupaten Kampar, Riau, kurang lebih 107 anak-anak dievakuasi okeh Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA) Riau dan dibantu dari Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru.

Baca juga:  Komandan Detasemen Hanud 473 Paskhas Pimpin Apel Pemberangkatan  Personel Satgas Pam Alutsista TNI AU Satrad 212 Ranai  

“Anak-anak yang dievakuasi itu adalah anak-anak yang terlantar akibat kisruh antara buruh yang di-PHK oleh PT Padasa Enam Utama dengan pihak managemen perusahaan, karena diduga ada hak-hak buruh yang tidak dipenuhi oleh PT Padasa Enam Utama,” ungkap Dewi.

Dewi menjelaskan, bhawa Komnas PA Riau dan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, mengevakuasi sekitar 107 orang anak dan ibunya dengan rincian balita sebanyak 15 orang, anak-anak usia 8-18 tahun sebanyak 77 dan sisanya adalah ibu dari anak-anak itu.

Kami mrasa terbantu Evakuasi dilakukan menggunakan 1 truk milik TNI AU, dan 2 bus dari PT Padasa Enam Utama yang diminta oleh Komnas PA untuk mengangkut anak-anak yang terlantar.

“Kami dari Komnas Perlindungan Anak bekerjasama dengan Lanud Roesmin Nurhadin Pekanbaru mengamankan mereka agar mereka tidak melihat situasi, dan tidak menonton langsung kekerasan yang terjadi di sana,” kata Ketua Komnas PA Riau, Dewi Arisanty

Dewi menjelaskan, pada saat pihaknya dan TNI AU mendatangi lokasi konflik PT Padasa Enam Utama dan buruh, kondisi anak-anak sudah dalam situasi yang sangat memprihatinkan. Oleh karena itu anak-anak langsung dievakuasi dan diamankan di Dinas Sosial Provinsi Riau.

Baca juga:  LANUD BALIKPAPAN PEDULI KEBERSIHAN

Dewi juga menegaskan bahwa evakuasi itu murni bentuk perhatian Komnas PA Riau dan Lanud Rsn terhadap kondisi anak-anak di wilayah konflik.Ini tidak ada kaitannya dengan internal PT dan buruh, karena itu bukan wewenang Komnas Anak, kami hanya berbicara tentang anak apalagi undang-undang anak sudah mengatur bahwa itu tidak boleh mendapatkan tekanan pisikoligi dan anak-anak memang harus mendapatkan kelayakan hidup, kebahagiaan demi terjaminnya masa depan penerus bangsa yang lebih baik.

19. WhatsApp Image 2021 09 19 at 06.51.10 1

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel