Berita

Danlanud Rsn Hadiri peresmian Aplikasi Lancang Kuning Nusantara

Danlanud Rsn Hadiri peresmian Aplikasi Lancang Kuning Nusantara
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., menghadiri peresmian Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara untuk memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), bertempat di bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit, Senin (9/3/2020).

Aplikasi Dashboard Lancang Kuning Nusantara diresmikan langsung oleh Panglima TNI Marsekal TNI Dr.(H.C) Hadi Tjahjanto,S.I.P dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis,M.Si ditandai dengan penekanan tombol bersama.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, aplikasi ini sangat penting dimiliki wilayah-wilayah yang setiap tahun mengalami kebakaran hutan dan lahan. Namun aplikasi ini tidak bisa berjalan efektif tanpa ditindaklanjuti dengan dua hal pokok. Setelah kita mengetahui deteksi dini melalui aplikasi tadi, kemudian kita informasikan ke lapangan untuk kita identifikasi, apakah titik api dan lokasinya di mana.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz mengatakan, aplikasi Lancang Kuning Nusantara merupakan terobosan dan inovasi dari Kapolda Riau, Irjen Pol Agunhg Setya Imam Effendi dalam penanganan Karhutla di Riau. Ini tak terlepas dari atensi Presiden RI Joko Widodo agar setiap titik api dan setiap Karhutla segera dilakukan pemadaman dengan cepat, tepat, dan efektif.

Baca juga:  Acara Pisah Sambut Danlanud Haluoleo bersama Forpimda Sultra

Hadir pada kegiatan tersebut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo, Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Wamen LHK) Alue Dohong, Gubernur Riau Syamsuar, Pangdam I BB, Danrem 031/WB serta 11 Kapolda wilayahnya rawan karhutla selama ini.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel