Berita

Danlanud Rsn hadiri Simulasi Pengamanan Pileg dan Pilpres 2019

By 10 Dec 2018 December 11th, 2018 No Comments
Danlanud_Rsn_hadiri_Simulasi_Pengamanan__1_
#TNIAU #TNI-AU

TNI AU. Danlanud Rosmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M, bersama Forkopimda Riau menghadiri kegiatan simulasi pengamanan jelang pesta demokrasi pemilihan legislatif dan presiden 2019 yang melibatkan Kepolisian Daerah Riau bersama TNI yang dipusatkan di Jalan Gajahmada Pekanbaru, Jumat (7/12). Kegiatan ini bertajuk Simulasi Sispam Kota Operasi Mantab Brata Muara Takus 2018.

Dalam simulasi yang digambarkan terlihat polisi bertugas dari awal tahapan pemilihan kemudian pada proses pemungutan suara salah satu pendukung pasangan calon yang kalah mendatangi kantor KPU. Pendukung pasangan calon merasa tidak puas lalu terjadi aksi saling dorong.

Polisi yang berjaga berupaya menenangkan massa namun situasi semakin memanas dan polisi menyemprotkan gas air mata ke arah massa agar massa dapat membubarkan diri.

Tindakan pengamanan pun dilakukan secara ekskalatif. Mulai dari tindakan ringan, sedang hingga tindakan tegas. Ambulan pun disediakan untuk mengamankan masyarakat yang terlukan dari simulasi kerusuhan tersebut.

Pada pemilu 2019 mendatang, Polda Riau mengerahkan 6.000 personel kepolisian dibantu 2.200 personel TNI untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi 5 tahunan.

Leave a Reply