Berita

Danlanud Rsn, Mental Tangguh Karakter Prajurit Profesional

Danlanud Rsn, Mental Tangguh Karakter Prajurit Profesional
#TNIAU 

TNI AU. Mental adalah sesuatu yang prinsip dalam kehidupan, mental sangat sulit dipelajari secara mendalam, hanya bisa diketahui bagaimana seseorang berperilaku dan bisa didalam bahasa tubuh seseorang, seperti kenapa dia murung, menyendiri dan lain sebagainya, oleh karena itu didalam kehidupan seorang prajurit mental sangat penting dan besar pengaruhnya dalam bertugas, tentunya mental yang tangguh, oleh karena itu mental yang tangguh adalah karakter seorang prajurit profesional.

Demikian apa yang disampaikan oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., pada giat apel khusus di Shalter Charlie Lanud Rsn, Rabu  (4/9/19) pukul 14.00 Wib.

Selanjutnya Danlanud Rsn Marsma TNI Moningka menjelaskan, ada beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi mental prajurit itu sendiri yang jadi permasalahan dalam hidup prajurit saat ini.

“Sebagai faktor penyebabnya adalah sebagai berikut:

1. Kurangnya komunikasi, komunikasi sangatlah penting dalam kehidupan seorang prajurit, maka binalah komunikasi tersebut apakah itu di Mako Lanud, Skadron-Skadron, Satuan-Satuan termasuk Paskhas, khususnya atasan dengan bawahan atau antar prajurit itu sendiri.

2. Ekonomi, ekonomi juga sangat menentukan dalam kehidupan prajurit, gaji dengan ditambah remunerasi, menurut saya sudah cukup apalagi pemerintah akan selalu memperhatikannya, oleh karena itu aturlah ekonomi dengan benar.

3. Keterisolasian, adanya larangan-larangan yang dilakukan oleh prajurit, dengan diasingkan, namun zaman sekarang seperti ini tidak ada lagi, kecil kemungkinan terjadi”,ujar Danlanud.

Selanjutnya Marsma TNI Moningka, mengajak seluruh prajurit untuk saling mengingatkan, tingkatkan amal ibadah, Islam rajin Shalat dan begitu juga umat yang lainnya,Tuhan punya kehendak lain tetapi jangan kita berputus asa,serahkan hidup kepada-Nya maka hidup akan lebih baik, sayangi orang tua,keluarga dan lakukan pembinaan secara secara terukur dan terkontrol dari senior kepada yunior.

Selanjutnya Kabagpsiklinis Departemen Aeroklinik Lakespra Saryanto Letkol TAJ Noegroho,psi., mengatakan, bahwa kesehatan mental secara ringkas dapat didefinisikan sebagai kemampuan seseorang untuk melakukan penyesuaian diri terhadap dirinya sendiri, diri orang lain dan lingkungannya.

“Dengan mengenali diri sendiri diharapkan manusia lebih mudah untuk mengenali orang lain dan lingkungannya dalam konteks relasi sosial, salah satu cara hidup sehat secara mental adalah mampu berpikir realistis dan tidak mencanangkan tujuan atau keinginan yang berada diluar batas kemampuan dirinya”, lanjutnya.

Nampak hadir, Danwing 6 Lanud Rsn, M.Arwani, Kadispers Letkol Pnb Desy Supriyanto,S.E.,Kadislog Letkol Tek Dwi Wihananto, S.E., Dansaketek 045, Dansatpom, Danyon 462 Paskhas, dan Krumkit dr.Sukirman, Kaintel dan para pejabat serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Rsn.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel