Berita

Danlanud Rsn Tebar Benih Ikan dalam Gerakan Jaga Kampung Polda Riau

Dibaca: 13 Oleh 10 Jul 2020Juli 13th, 2020Tidak ada komentar
Danlanud Rsn Tebar Benih Ikan Dalam Gerakan Jaga Kampung Polda Riau
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka,S.T., M.M., tebar benih ikan pada acara Kampung Tangguh Nusantara dan Gerakan Jaga Kampung yang di taja oleh Polda Riau di Area Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Riau di Desa Kualu Nenas, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar, Kamis (9/7/2020).

Turut hadir dalam kegiatan ini Komandan Korem 031/Wira Bima yang diwakili Dandim 0313/KPR Letkol Infanteri Aidil Amin, Bupati Kampar H.Catur Sugeng Susanto,Wakil Ketua DPRD Kabupaten Kampar H. Fahmil, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau Al Azhar, kepala OPD Pemprov Riau dan Vice President PT Japfa Anwar.

Dalam sambutan Gubernur Provinsi Riau yang dibacakan oleh Wakil Gubernur Riau Brigjen Purn. H Edy Natar Nasution mengatakan, acara ini sangat luar biasa. “Pertama yang ingin saya katakan bahwa Panglima TNI dan Kapolri memperlihatkan soliditas antara TNI dan Polri sangat prima, ditengah pandemi Covid-19 pimpinan TNI dan Polri memperlihatkan soliditas yang terbangun dengan baik. Apa yang terbangun di pusat juga hendaknya terbangun juga di jajaran TNI dan Polri di seluruh wilayah, soliditas merupakan sebuah jaminan dan ini akan memberikan sebuah rasa aman.

Baca juga:  Gaktib Meningkatkan Disiplin Prajurit Lanud Wiriadinata

“Gerakan ini adalah suatu gerakan luar biasa dalam rangka membangkitkan ekonomi yang dirasakan sangat sulit ditengah pandemi Covid-19. Bahkan pemerintah pusat telah siapkan anggaran penanganan Covid-19 sampai Desember 2020,” jelas Edy.

Menurutnya, salah satu tugas diantara sekian tugas dalam kegiatan non perang TNI adalah membantu Pemda dan kepolisian daerah, seyogyanya ada MoU antara Pemda, Polda dan pengusaha yakni PT Japfa, namun ada beberapa hal yang perlu dicermati dengan baik karena naskahnya perlu disempurnakan

Sementara itu Kapolda Riau Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyampaikan, program Gerakan Jaga Kampung Polda Riau ini berasal dari Mabes Polri yakni Kampung Tangguh Nasional dan dijabarkan menjadi Gerakan Jaga Kampung Polda Riau. Kegiatan ini tidak hanya berjalan pada hari ini, seremonialnya saja tetapi harus terus bergulir.

“Keberhasilan gerakan ini juga tak terlepas dari bantuan dan arahan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Pemkab dan kota serta mitra dan beberapa kecamatan dan kabupaten mengajukan tidak hanya satu jenis tanaman tertentu yang ditanam namun juga tanaman lain,” jelasnya.

Baca juga:  Rencana Pelaksanaan Misi Satgas Dukpur dalam Latihan Angkasa Yudha 2019 di Lanud Abdulrachman Saleh

Irjen Pol Agung Setya menjelaskan, bahwa berdasarkan data dan karateristik Riau, sektor pertanian dan perkebunan menjadi tulang punggung ekonomi kehidupan masyarakat Riau.

“Maka SPN Polda Riau Insya Allah Oktober mulai mendidik 263 siswa SPN. Menjadi tugas kami menambahkan pengetahuan bukan hanya kepolisian tapi juga pertanian. Ini tantangan harus siapkan segala sesuatu dan para polisi tak hanya miliki pengetahuan polisi saja tapi pengertian dan memahami dan dapat mengaplikasikan pertanian ini.

“Ke depan petani tidak lagi dikategorikan masyarakat menengah kebawah dan harus diangkat menjadi golongan menengah ke atas yang perlu dukungan dan dorongan. “Tidak hanya harapan, tapi realitas, mereka harus disiplin tapi menggunakan teknologi terbaru. Harus wujudkan pertanian modern, profesional dan mandiri.

Kegiatan ini juga diisi dengan penyerahan bantuan sosial diantaranya penyerahan bibit jagung, jeruk dan tanaman lain oleh Kapolda Riau yang diterima perwakilan Bhabinkamtibmas. Kemudian penyerahan bibit ikan oleh Kapolda Riau dan diterima perwakilan TNI, penyerahan alat pertanian ringan oleh Wakil Gubernur Riau dan diterima perwakilan Kelompok Tani Desa Kualu Nenas.

Baca juga:  Peringati Hari Bakti, TNI AU Bangun Solar Cell Untuk Masyarakat Tarakan

Disamping itu penyerahan paket sembako berupa 50 paket beras, minyak goreng dan gula yang diterima oleh Kelompok Tani Desa Kualu Nenas. Penyerahan benih sayuran diterima Kepala SPM Kombes Pol Ruly.

Kemudian juga dilakukan penanaman dan penyemaian tanaman dan pelepasan bibit ikan nila 5.000 ekor oleh Kapolda Riau, Bupati Kampar dan forkopimda Riau.

Pada kesempatan ini juga dilakukan pembacaan komitmen PT Japfa Indojaya Agrinusa oleh Anwar Tandiono. Perusahaan ini mendukung terlaksananya program pemerintah bidang ketahanan pangan. Pihaknya bersedia membeli jagung hasil panen sesuai harga pasar yang berlaku dan spesifikasi.

Sebelum acara kegiatan launching Gerakan Jaga Kampung Polda Riau, Wagubri, Bupati Kampar dan undangan yang hadir terlebih dulu menyaksikan pencanangan Gerakan Kampung Tangguh Nusantara oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis melalui virtual dan wawancara Panglima maupun Kapolri dengan sejumlah Pangdam dan Kapolda serta menyaksikan kegiatan Gerakan Kampung Tangguh Nusantara di beberapa daerah melalui virtual.

 

Danlanud Rsn Tebar Benih Ikan Dalam Gerakan Jaga Kampung Polda Riau

Danlanud Rsn Tebar Benih Ikan Dalam Gerakan Jaga Kampung Polda Riau

Danlanud Rsn Tebar Benih Ikan Dalam Gerakan Jaga Kampung Polda Riau

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel