Berita

Danlanud Rsn, Tingkatkan Latihan Penanganan Emergency EPU Fire Pesawat F-16

Danlanud Rsn, Tingkatkan Latihan Penanganan Emergency EPU Fire Pesawat F-16
#TNIAU 

TNI AU. Sebagai prajurit Lanud Roesmin Nurjadin yang unggul, berhasil dan terus maju, latihan adalah sebagai konsumsi kita sehari-hari oleh karena itu tingkatkan kemampuan masing-masing agar setiap kejadian bisa diatasi dengan  baik, terutama dalam penanganan emergency EPU Fire pada pesawat F-16.

Demikian apa yang dikatakan oleh Kamandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., pada acara kegiatan simulasi latihan penanganan Emergency Power Unit (EPU) Fire pada pesawat F-16 di Taxy Way Delta Skadron Udara 16 Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin, Rabu (20/11/2019).

Komandan Lanud Rosmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, S.T., M.M., mengatakan tingkatkan profesional dalam melaksanakan tugas sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing, oleh karena itu gunakan wahana latihan ini sebagai melatih diri agar lebih cekatan dalam setiap menangani permasalahan yang ada.

“Jalankan latihan ini dengan serius dan anggaplah latihan ini yang sebenarnya agar terbiasa dalam setiap menghadapi dan menangani setiap  permasalahan, prajurit dituntut untuk peka dalam setiap kejadian.”

Selanjutnya Kepala Dinas Operasi sebagai Wasdal Kolonel Pnb Jajang Setiawan, S.M., menjelaskan latihan ini diasumsikan, bahwa salah satu pesawat F-16 yang melaksanakan taxy back setelah local training mengalami EPU Fire. Hal ini juga diikuti dengan oxygen system failure sehingga pilot tidak bisa menggunakan 100% oxygen sesuai prosedur.

“Seiring berjalannya waktu, pilot mulai mengalami pusing dan kesadaran menurun, akan tetapi masih dapat menuju hydrazine area taxy way delta dan shut down di posisi tersebut. setelah shutdown engine, pilot mengalami pusing dan penurunan kesadaran sehingga memerlukan pertolongan dari crash team untuk mengeluarkan pilot dari cockpit agar dapat diberikan pertolongan oleh tim kesehatan,” ungkap Kadisops.

Kolonel Jajang Setiawan, menjelaskan selanjutnya Tim Recovery Fuel System lengkap dengan pakaian Rockets Fuels Handler secepatnya menetralisir Hidrazyne tersebut menggunakan air larutan kaporit.

Kasiopslat Lanud RSN Mayor Pnb Andri Setiawan, sebagai Komandan Latihan menerima perintah dari Wasdal mengatakan, agar satuan-satuan yang terkait langsung melaksanakan tugasnya masing-masing, diantaranya Tim SAR Yonko 462 Paskhas, satuan Pemadam Kebakaran (PK), Satuan Polisi Militer dan satuan Intelijen serta Rumkit dr. Sukirman.

“Kegiatan penanganan emergency EPU Fire Pesawat F-16 berjalan dengan aman dan lancar,” ucap Andri.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel