Berita

Danlanud Sastranegara Berikan Pembekalan Tenaga Pendidik ke Para Kepala Sekolah Angkasa, Staf dan Guru

Dibaca: 20 Oleh 19 Jun 2019Juni 20th, 2019Tidak ada komentar
Konsep Otomatis
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji Gautama, S.E M.M., Menyampaikan sekolah-sekolah Angkasa mempunyai program unggulan dan selama ini menjadi sekolah pilihan prioritas warga Jawa Barat khususnya Kota Bandung, demikian di sampaikan kepada para Kepala Sekolah Angkasa, para guru dan staf di bawah naungan Yayasan PIA Ardhya Garini Cabang 04/Daerah I Lanud Husein Sastranegara di Gedung Graha Antariksa pada acara silaturahmi dan pembekalan tenaga pendidik sekolah-sekolah Angkasa, Selasa (18/06).

Dalam penekanan nya Danlanud Husein Sastranegara menyampaikan pendidikan merupakan hal terbesar yang selalu diutamakan oleh para orang tua. Saat ini masyarakat semakin menyadari pentingnya memberikan pendidikan yang terbaik kepada anak-anak mereka sejak dini. Untuk itu orang tua memegang peranan yang sangat penting dalam membimbing dan mendampingi anak dalam kehidupan keseharian anak. Sudah merupakan kewajiban para orang tua untuk menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga dapat memancing keluar potensi anak, kecerdasan dan rasa percaya diri. Dan tidak lupa memahami tahap perkembangan anak serta kebutuhan pengembangan potensi kecerdasan dari setiap tahap.

Ada banyak cara untuk memberikan pendidikan kepada anak baik formal maupun non formal. Adapun pendidikan formal tidak sebatas dengan memberikan pengetahuan dan keahlian kepada anak-anak mereka di sekolah. Selain itu pendidikan non formal menanamkan tata nilai yang serba luhur atau ahlak mulia, norma-norma, cita-cita, tingkah laku dan aspirasi dengan bimbingan orang tua di rumah.

Baca juga:  Pemuda Indonesia Harus Maju dan Berani Menaklukan Dunia

Sekolah sebagai salah satu sarana pendidikan melalui Yayasan Ardhya Garini Badan Pengurus Cabang Lanud Husein Sastranegara memiliki 8 sekolah yaitu : Paud, TK Angkasa 1 dan TK Angkasa 3, SD Angkasa 1 dan SD Angkasa 3, SMP Angkasa, SMA Angkasa dan SMK Angkasa adalah Sekolah-sekolah Unggulan. Maka untuk itu sekolah-sekolah memerlukan banyak hal yang mendukung yaitu antara lain kepentingan dan kualitas yang baik dari kepala sekolah dan guru, peran aktif dinas pendidikan atau pengawas sekolah, peran aktif orangtua dan peran aktif masyarakat sekitar sekolah. Akan tetapi orang tua juga tidak dapat menyerahkan sepenuhnya pendidikan anak kepada sekolah. Pendidikan anak dimulai dari pendidikan orang tua di rumah dan orang tua yang mempunyai tanggung jawab utama terhadap masa depan anak-anak mereka, sekolah hanya merupakan lembaga yang membantu proses tersebut. Sehingga peran aktif dari orang tua sangat diperlukan bagi keberhasilan anak-anak di sekolah. Ada beberapa cara dalam meningkatkan peran orang tua terhadap pendidikan anak-anak mereka.

Pertama, dengan mengontrol waktu belajar dan cara belajar anak. Anak-anak diajarkan untuk belajar secara rutin, tidak hanya belajar saat mendapat pekerjaan rumah dari sekolah atau akan menghadapi ulangan. Setiap hari anak-anak diajarkan untuk mengulang pelajaran yang diberikan oleh guru pada hari itu. Dan diberikan pengertian kapan anak-anak mempunyai waktu untuk bermain.

Baca juga:  Penutupan Kursus Keslap Paskhas Angkatan ke-17 dan Susjurlata PDE Angkatan ke-1

Kedua, memantau perkembangan kemampuan akademik anak. Orang tua diminta untuk memeriksa nilai-nilai ulangan dan tugas anak mereka.

Ketiga, memantau perkembangan kepribadian yang mencakup sikap, moral dan tingkah laku anak-anak. Hal ini dapat dilakukan orang tua dengan berkomunikasi dengan wali kelas untuk mengetahui perkembangan anak di sekolah.

Keempat, memantau efektifitas jam belajar di sekolah. Orang tua dapat menanyakan aktifitas yang dilakukan anak mereka selama berada di sekolah. Dan tugas-tugas apa saja yang diberikan oleh guru mereka.

Kebanyakan siswa tingkat SMP dan SMA tidak melaporkan adanya kelas-kelas kosong dimana guru mereka berhalangan hadir. Sehingga pembelajaran yang ideal di sekolah tidak terjadi dan menjadi tidak efektif.
Selain semua hal tersebut di atas ada beberapa hal lain perlu diperhatikan yaitu membantu anak mengenali dirinya (kekuatan dan kelemahannya), membantu anak mengembangkan potensi sesuai bakat dan minatnya, membantu meletakkan pondasi yang kokoh untuk keberhasilan hidup anak dan membantu anak merancang hidupnya.

Dalam rangka menjadikan sekolah unggulan ini Yasarini mengundang Prof. Dr. H. Elih Sumia Permana selaku Dosen Universitas Pendidikan Indonesia Bandung. Untuk memajukan sekolah angkasa, sebagai langkah awal untuk menjadikan sekolah unggulan terpadu adanya pendidikan agama untuk membentuk karakter, penambahan jam bahasa inggris untuk berpikir sistematis. Paud, TK, SD, SMP Angkasa akan dijadikan sekolah terpadu sebagai icon untuk menjadi sekolah unggulan dibawah Yasarini. Sekolah Unggulan Terpadu adalah sekolah yang berkualitas dalam proses dan produk pembelajaran yang baik, memiliki kompetensi (soft skill) yang lunak seperti empati, kecerdasan,emosional, kooperatif banyak dibentuk oleh proses yang baik agar muncul generasi muda yang memilki gaya komunikasi stabil, tidak emosi dan menghormati orang lain. Untuk itu diperlukan keterpaduan dalam manajemen kurikulum dan manajemen ketenagaan

Baca juga:  Golf Bersama Komandan Lanud Adisutjipto

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel