TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud Sdm Membuka Latihan Walet Terampil 2017

By 30 Mar 2017Berita
Exercise Pitch Black 2012

Komandan Lanud Suryadarma Marsma TNI Suparmono membuka latihan satuan Lanud Suryadarma “Walet Terampil Tahun 2017”, yang dilaksanakan di Kantor Wing 8 Lanud Suryadarma, Kalijati, Subang, Rabu (29/3).  Latihan tersebut diikuti, oleh seluruh anggota Lanud Suryadarma, dan diikuti dari tim Satgas DPKPB Kabupaten Subang, yang bertujuan untuk melatih dan menguji kemampuan satuan jajaran Lanud Suryadarma secara terpadu, dalam upaya mengantisipasi dan menanggulangi kontigensi yang terjadi dan berpedoman pada buku

petunjuk operasi TNI Angkatan Udara beserta piranti lunak lainnya serta pentingnya memberikan pengetahuan bencana dan tata cara untuk menyelamatkan diri saat terjadi bencana kepada masyarakat sejak dini.  Menurut Danlanud, Latihan Walet Terampil merupakan latihan satuan terpadu Lanud Suryadarma sebagai kelanjutan dari latihan perorangan personel Lanud, termasuk unsur Skadron Udara 7 serta Kompi Senapan C Yonko 461 Paskhas. “Artinya latihan walet terampil ini untuk mempersiapkan dan

merencanakan rangkaian operasi penanggulangan bencana alam sehingga pada suatu saat terjadi bencana kapan saja di teritorial kota Subang anggota kita sudah siap. Selain itu juga untuk melatih parjurit TNI melakukan manajemen bencana dengan membuat perencanaan operasi tanggap darurat , pembuatan tenda pengungsian, dapur umum, pengobatan, tenda pengungsian, dapur umum, pengobatan,dan spikologis treatment,” paparnya.

“ Dalam hal ini perlu juga adanya kesiapsiagaan dan komunikasi antar SKPD , berkoordinasi demi kelancaraan operasi yang akan dilaksanakan. Merujuk pada kecepatan bertindak ketika terjadi bencana,” kata Danlanud disela-sela acara.

Latihan walet terampil itu akan berlangsung selama dua hari 29-30 Maret 2017 . Untuk besok akan dilaksanakan simulasi pencegahan bencananya di Desa Tangulun, Kalijati. Kegiatan latihan tersebut meliputi penerbangan, Pertahanan Pangkalan, Evakuasi Medis, Sarpur, Pemadam Kebakaran dan Crash Team.  Latihan ini meliputi geladi posko dan manuver lapangan di wilayah Lanud Suryadarma kalijati, dengan melibatkan kekuatan yang meliputi personel, alutsista serta fasilitas dan sarana pendukung. “Kita berharap dalam pelaksanaannya nanti semua rencana latihan dan kegiatan yang direncanakan dapat berjalan dengan baik, lancar, aman dan selamat sesuai dengan perencanaan kegiatan dan protap yang ada,” harap Danlanud.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada para peserta latihan agar melaksanakan semua kegiatan dengan penuh semangat, disiplin dan dedikasi yang tinggi sehingga program yang dilatihkan dan diujikan dapat berjalan dengan lancar dan aman,” jelasnya.

Sementara menurut Kadis DPKPB Kab. Subang Bpk Hidayat, mengapresiasi sekali adanya pelatihan itu. Dimama tim satuan tugas DPKPB, bisa belajar kepada TNI bagaimana sigap dan tanggap darurat bilamana terjadi bencana.Upaya apa yang akan dilakukan, dan bagaimana peran DPKPB ini sebagai leading sector dalam penanggulangan bencana bisa memperkecil resiko bencana dan lain-lainnya.

“Saya atas nama Pemda, saya sangat berterimakasih kepada Lanud Suryadarma TNI AU yang telah konsen pada penanggulangan bencana melalui patihan walet terampil ini. Semoga pelatihan ini bisa dimanfaatkan sebaik mungkin untuk bisa diaplikasikan suatu saat dalam operasi penanggulangan bencana dilakukan, ” tandasnya.

Hadir pada pembukaan Walet Terampil 2017 Kepala Dinas DPKPB Kabupaten Subang Bapak Hidayat , Danwing 8 Kolonel Pnb Sapuan, Para pejabat Lanud Suryadarma dan Wingdiktekkal serta para anggota Lanud Suryadarma.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud Sdm Membuka Latihan Walet Terampil 2017