Berita

Danlanud siapkan pilot Super Tucano, Tutup Pendidikan Transisi ke VI dan buka pendidikan Transisi ke VIII

Dibaca: 65 Oleh 14 Nov 2016Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Komandan Lanud Abd Saleh Marsma TNI H. RM. Djoko Senoputro, S.E.MM, mengucapkan “selamat” kepada Lettu Pnb Gusti Virmandi dan lettu Pnb Anthera Galuh S. yang telah menyelesaikan pendidikan Transisi A-VI pesawat embraer 314 Super Tucano di Skadron 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh selama 15 bulan. Kedua penerbang muda ini merupakan lulusan AAU tahun 2013 dan telah menyelesaikan Sekolah penerbang di Yogyakarta angkatan ke 87.

Disaat yang sama juga telah dibuka pendidikan transisi ke VIII yang diikuti oleh 2 pilot Sekbang angkatan 89 lulusan AAU tahun 2014. “Selamat kepada Letda Pnb Bimo Triatmojo dan Letda Pnb satrio Gangsar Budiarto yang hari ini (14/11) akan melaksanakan Pendidikan Transisi A-VIII di tempat yang sama di Skadron 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh.

Dalam sambutannya Danlanud Abd menjelaskan bahwa pendidikan transisi penerbang Skadron Udara 21 ini, pada hakekatnya merupakan investasi sumber daya manusia yang diproyeksikan ke masa depan terhadap pesawat Super Tucano. Oleh karena itu melalui pendidikan ini para penerbang Skadron 21 akan dididik untuk dipersiapkan dalam proses pengembangan SDM khususnya penerbang pesawat tempur yang handal dan diharapkan mampu mengemban tugas dan tanggung jawab dalam mengoperasikan pesawat Super Tucano di masa mendatang.

Baca juga:  UPACARA BENDERA DI WINGDIKTEKKAL

Pendidikan Transisi ini bertujuan untuk kaderisasi para penerbang dengan sasaran agar dapat dicapai tingkat kualifikasi penerbang pesawat Super Tucano EMB 314 untuk memperkuat alutsista TNI AU. Lebih lanjut Danlanud Abd menekankan faktor Lambangja tetap menjadi prioritas utama dan jangan sampai lepas dari perhatian kita. Hindari kesalahan sekecil apapun, laksanakan tugas sesuai prosedur yang telah ditetapkan. Bagi para siswa yang akan mengikuti pendidikan Transisi-VIII pesawat super tucano agar jangan segan-segan untuk bertanya kepada instruktur terhadap pelajaran-pelajaran yang belum dipahami dengan baik, agar para siswa Transisi di dalam mengikuti pendidikan berjalan lancar dan dengan hasil yang baik sesuai harapan kita semua.

”Tingkat kesulitan yang paling utama dengan pesawat yang pernah saya piloti adalah masalah avionik, karena pesawat EMB 314 ini merupakan generasi ke 4 dengan sistem full glass Cocpit. Dan direncanakan kita akan menambah 75 shorte dan 82 jam terbang hingga lulus”, jelas Letda Satriyo dan Letda Bimo (siswa Transisi VIII). Penutupan ditandai dengan penyematan bagde pilot super Tucano dan pembukaan ditandai dengan penyematan tanda peserta pendidikan Transisi A- VIII Letda Pnb Bimo Triatmojo Kelahiran Malang 15 Mei 1990 AAU 2014 dan Letda Pnb Anthera Galuh S Kelahiran Bandung 4 April 1991 AAU 2014. Rencananya pendidikan Transisi akan berlangsung selama 6 bulan yang bertempat di Skadron Udara 21 Wing 2 Lanud Abd Saleh.

Baca juga:  PANGKOOPSAU II PIMPIN ZIARAH DI TMP PANAIKANG

Dalam acara tradisi tadi Danlanud berkesempatan menyiram air bunga sebagai lambing penyucian, selanjutnya pemecahan telur yang menyimbulkan lahirnya penerbang Super Tucano baru dan pemberian kapas sebagai simbul sayap-sayap nusantara yang siap membela NKRI melalui kejayaan di Udara.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel