Berita

Danlanud SIM: Berkurban Untuk Mencari Rida-Nya

Dibaca: 18 Oleh 11 Agu 2019Tidak ada komentar
Danlanud SIM: Berkurban Untuk Mencari Ridho-NYA
#TNIAU 

Danlanud SIM: Berkurban Untuk Mencari RidaNya

TNI AU. “Berkurban mempunyai arti yang sangat penting guna mencari ridaNya untuk kepentingan bersama,” jelas Danlanud Sultan Iskandar Muda, Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., saat salat Iduladha di Mesjid Al Muhajirin Lanud Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar. Minggu (11/8).

Menurutnya, Hari Raya Iduladha mempunyai arti penting dimana perintah berkurban mengajarkan umat manusia untuk lebih taat, patuh dan ikhlas. Contoh keteladanan itu, lanjutnya, diwujudnyatakan Nabi Ibrahim A.S ketika diperintah Allah SWT untuk menyembelih Ismail putranya. “Atas dasar ketaatan ketaatan, kepatuhan, ketabahan dan keikhlasan maka Nabi Ibrahim A.S melaksanakan perintah tersebut untuk menyembelih Ismail putranya,” ujarnya namun melihat hal tersebur maka oleh Allah SWT, Ismail diganti dengan domba.

Dengan demikian Nabi Ibrahim A.S telah melaksanakan perintah-Nya dan Ismail putranya masih tetap hidup. “Dari peristiwa tersebut dapat kita simpulkan, apabila kita melaksanakan segala sesuatu dengan keikhlasan, penuh tanggung jawab dan tawakal maka Allah SWT pasti memberikan yang terbaik dan meridai apa yang telah kita kerjakan,” ujarnya.

Baca juga:  Pembekalan Binkar di Lingkungan TNI AU

Danlanud SIM: Berkurban Untuk Mencari Ridho-NYA

Sebagai hamba Allah yang beriman, katanya, hendaknya dapat meneladani sikap dan perbuatan Nabi Ibrahim A.S untuk selalu menjalankan perintahNya dengan penuh kepatuhan, ketaatan dan keikhlasan serta menjauhi segala laranganNya.

Bertemakan ”Jadikan Hikmah Idul Adha 1440 H/2019 M Sebagai Momentum Peningkatan Ketaqwaan dan Semangat Rela Berkorban Guna Mendukung Tugas Pokok TNI”, Danlanud Sultan Iskandar Muda mengajak seluruh jamaah untuk lebih mendekatkan diri kepadaNya dan memampukan diri rela berkorban dalam menjaga persatuan dan kesatuan agar tetap tegaknya Sang Merah Putih di bumi pertiwi ini sebagai perwujudan kemanunggalan TNI dengan Rakyat sebagai satu kekuatan semesta.

Dr. Andri Nirwana A.N. M.Ag., selaku Khatib menjelaskan Qurb atau qurban berarti “dekat”, dapat dikatakan kedekatan umat manusia kepada Allah SWT dimana Nabi Ibrahim A.S yang sangat taat menjalankan perintahNya dengan membina keluarga dan mendidik putranya dengan baik dan benar sesuai perintahNya. Seperti yang disampaikan Danlanud Sultan Iskandar Muda, katanya, banyak pelajaran diambil dari berkurban, ini telah di buktikan oleh orang pendahulu kita bagai mana pada zaman itu mereka relah mengurbankan jiwa raga, mengurbankan harta, dan benda untuk kejayaan tanah air tercinta Indonesia.

Baca juga:  Bantuan Kementerian Kesehatan Tiba di Lanud Haluoleo

Maka pengurbanan para pendahulu telah membuktikan tidak ada yang sia-sia, Kemerdekaan yang telah diraih, telah terjaga dan dirasakan generasi milenial saat ini. “Itu adalah berkurban yang sejati, yang harus kita pertahankan untuk keutuhan NKRI,” katanya. Pelaksanaan Salat Hari Raya Iduladha 1440 H /2019 M dihadiri oleh segenap Personel Lanud Sultan Iskandar Muda beserta keluarga, Prajurit Kipan C Yonko 469 Paskhas Banda Aceh beserta keluarga dan Masyarakat sekitar Blang Bintang.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel