TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud Sim : Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat

By 16 Nov 2018 Berita
lari

TNI AU. “Mens sana In Corpore Sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, bagaimana mencapainya salah satunya dengan rajin berolahraga,” ujar Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Nav Indrastanto Setiawan, S.Sos., di halaman Lanud Sultan Iskandar Muda, Jumat (16/11). Untuk itu, lanjutnya, pimpinan telah memperhatikan dan memberikan waktu bagi prajuritnya untuk melaksanakan olahraga secara rutin setiap Selasa dan Jumat guna menjaga kondisi tubuh serta menciptakan kebugaran rubuh secara prima.

lari_2

Personel Lanud Sultan Iskandar Muda melaksanakan lari bersama di seputaran Lanud Sultan Iskandar Muda.

Menurutnya, olahraga sebagai suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan dengan merangsang otot-otot pada bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Di samping merangsang otot-otot, lanjutnya, sirkulasi darah dan oksigen dalam tubuh menjadi lancar sehingga metabolisme tubuh menjadi optimal. “Dua hari dalam seminggu kesempatan bagi kita untuk berolahraga harus dilaksanakan dengan semangat, gembira dan menjadi media refreshing terhadap segala tugas kedinasan, karena manfaat berolahraga sangatlah besar bagi tubuh. Untuk itu, mari kita olahraga bersama,” ajaknya.

pemanasan

Personel Lanud Sultan Iskandar Muda melakukan pemanasan.

Secara sederhana, Kasibinjas Lanud Sultan Iskandar Muda Mayor Kes Gunawan menyampaikan manfaat berolahraga antara lain meningkatkan daya tahan tubuh, membantu meningkatkan fungsi otak guna meningkatkan kosentrasi dan kreativitas, menciptakan suasana hati yang positif dengan meminimalisir tingkat emosi, kecemasan, kegelisahan dan stres, membakar kalori dalam tubuh sebagai cara mengurangi timbunan lemak. “Yang perlu diingat, selain berolahraga secara teratur juga harus diimbangi pola hidup sehat agar hasilnya maksimal,” ujarnya.

Sebelum berolahraga, diawali dengan pemanasan untuk mempersiap tubuh dan mengurangi potensi cedera serta mengurangi rasa sakit setelah berolahraga. Kemudian dilanjutkan lari bersama mengelilingi apron Lanud Sultan Iskandar Muda diakhiri pendinginan guna menurunkan frekuensi denyut jatung dan tekanan darah secara bertahap

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud Sim : Dalam Tubuh yang Sehat Terdapat Jiwa yang Kuat