Berita

Danlanud Sim Hadiri Penutupan Akselerasi Rehabilitasi Terpadu di Kodam Iskandar Muda

Oleh 17 Mei 2019 No Comments
Foto Bersama
#TNIAU 

HadiriTNI AU. Danlanud Sultan Iskandar Muda Kolonel Pnb Hendro Arief H., S.Sos., menghadiri penutupan akselerasi rehabilitasi terpadu penyandang disabilitas personel TNI dan PNS Kemhan RI di wilayah Kodam Iskandar Muda, Jumat (17/5). Acara yang dilaksanakan di Balai Teuku Umar Kodam Iskandar Muda ini ditutup secara resmi Kapusrehab Kemhan RI Brigjen TNI dr. Asrofi S. Surachman, SpBP-RE (K), MARS yang diikuti 32 peserta selama empat bulan terhitung sejak 29 Januari lalu di Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh.

Menurut Kapusrehab Kemhan RI, akselerasi merupakan suatu program percepatan pelayanan rehabilitasi terpadu yang dilaksanakan di Kotama TNI bekerja sama dengan BLK atau institusi yang menyelenggarakan latihan vokasional di wilayah sekitar tempat tinggal peserta. Melalui program ini, lanjutnya, peserta mampu meningkatkan dan mengembangkan kemampuan fisik serta fungsi sosialnya agar siap menjalani kehidupan kesehariannya. “Peserta telah dibekali berbagai keterampilan, pengetahuan dan teknologi dengan harapan setelah selesainya progam ini dapat diaplikasikan di lingkungan kedinasan maupun dapat berwirausaha agar menjadi insan yang professional dan mandiri,” katanya. Pusrehab Kemhan RI, ujarnya, merupakan fasilitator dan rehabilitator selama melaksanakan akselerasi telah berusaha memberikan pelayanan semaksimal mungkin sesuai kemampuan yang ada agar peserta mampu meningkatkan kesejahteraan dan berfungsi secara sosial di masyaratat.

BersalamanSeperti yang dikatakan Kapusrehab Kemhan RI, Kasdam Iskandar Muda Brigjen TNI Ahmad Daniel Chardin mengatakan bahwa menjadi insan yang professional dan mandiri sangat ditentukan dengan kadar mentalitas seseorang. “Keterbatasan bukanlah hambatan, karena mentalitas yang tinggi menjadikan jiwa yang sehat dalam menciptakan karya prestasi yang tidak terbatas,” katanya. Peliharalah kesehatan jiwa dan mentalitas untuk terus berprestasi dan pengabdian kepada bangsa dan negara. “Apa yang sudah dipelajari untuk menjadi bekal dalam kepentingan kedinasan maupun dalam keseharian,” ujarnya sekaligus role model bagi Prajurit TNI lainnya agar memiliki semangat dan motivasi seperti peserta akselerasi yang tetap menunjukan profesionalisme di dalam keterbatasannya. “Tetap pertahankan jiwa dan mentalitas Prajurit TNI dalam diri peserta sekalian,” tegasnya.

Plt. BLK Banda Aceh Ibu Juni Siahaan, S.Kom., mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Pusrehab Kemhan RI yang telah mengikutsertakan BLK Banda Aceh dalam program akselerasi ini. “Kepercayaan tersebut kami jaga dengan memberikan kemampuan dan keterampilan semaksimal mungkin kepada peserta akselerasi agar apa yang diterima tersebut berhasil guna serta berdaya guna kedepannya,” katanya. Menurutnya, kurikulum yang digunakan berbasis kompetensi yang disusun bersama antara BLK dengan Pusrehab Kemhan RI yang terdiri dari program auto mekanik motor, teknologi informasi komputer, pendingin (AC), penjahitan atau tata busana dan tata boga. “Kelima program latihan ini diberikan secara maksimal, bertingkat, bertahap dan berlanjut sehingga setiap peserta akselerasi mampu menerapkannya dengan baik dalam kesehariannya nanti, baik dalam kedinasan maupun berwirausaha agar mandiri,” katanya.

Acara penutupan akselerasi rehabilitasi terpadu ini ditandai dengan pelepasan tanda peserta, pemberian alat bantu sesuai keterbatasan yang dimiliki dan paket kerja sesuai program latihan yang telah dipelajari para peserta. Turut hadir dalam acara ini Kabidrehab Vokasional Kolonel CKM dr. Daniel Lumadyo W., Sp.Rad., Kabidrehab Medik Kolonel Kes dr. Budi Satrio, Sp.RM., Kabidrehab Sosial Kolonel Laut (K) Sugiyarto Wibowo, SE.,MM., para pejabat di lingkungan Kodam Iskandar Muda dan Puusrehab Kemhan RI.

Terkait

Komentar