Berita

DANLANUD SIM ZIARAH MAKAM ALMARHUM MAIMUN SALEH

Dibaca: 35 Oleh 27 Jul 2012Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

In Memorium Almarhum Sersan Udara Maimun Saleh yang lahir pada tanggal 14 Mei 1929 di Desa Aneuk Galong Titi. Beliau anak ke 2 dari 5 orang bersaudara dari pasangan Bapak Tgk. H. Muhammad Saleh dan Ny. Aisyah. Almarhum mendapatkan pendidikan pada sekolah “Taman Siswa” dan sekolah Menengah Islam Kutaraja (Banda Aceh).

Pada bulan Agustus 1949 Almarhum di terima menjadi siswa penerbang di Kutaraja, pada tahun 1950 dipindahkan ke Sekolah Penerbang Kalijati dan Almarhum berhasil memperoleh Ijazah kelas III pada Februari 1951. kemudian beliau masuk Skuadron IB(Pengintai Darat) dan turut serta dalam berbagai macam operasi dari Skuadron tersebut. Dengan takdir Allah Yang Maha Kuasa, tak satu pun manusia mampu untuk menolaknya, pada hari Jum’at tanggal 1 Agustus 1952 pukul 09.25 telah terjadi kecelakaan terbang dengan sebuah pesawat Intai Auster IV-R-80 di Pangkalan Udara Semplak Bogor. Almarhum maimun Saleh gugur dalam usia 24 tahun 1 bulan dan sepuluh hari.

Esok harinya tanggal 2 Agustus 1952 Jenazah Almarhum di terbangkan dari Pangkalan Udara Cililitan ke Kutaraja(aceh) mendarat di Lapangan Udara Lhok Nga, kemudian di bawa ke tanah kelahirannya dan dimakamkan dengan upacara militer. Nama Almarhum di abadikan sebagai Pangkalan Udara Maimuin Saleh Lhok Nga, selanjutnya dengan perkembangan dan pembangunan wilayah nama Almarhum di abadikan menjadi Pangkalan Udara Maimun Saleh di Pulau Sabang.

Komandan Lanud SIM Kolonel Pnb Supri Abu, SH., MH, Jum’at (27/7) melakukan Ziarah beserta rombongan, dalam rangka Hari bakti TNI AU ke 65 tahun 2012 di Makam Almarhum Maimun Saleh, sekaligus menjalin hubungan tali silaturrahim dengan keluarga besar Almarhum maimun Saleh.

Baca juga:  SMK Angkasa Kembali Meraih Prestasi

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel