Berita

Danlanud Sjamsudin Noor Ikuti Rapat Koordinasi SAR Daerah Kota Banjarmasin

Dibaca: 12 Oleh 28 Sep 2013Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Sebagai konsekuensi logis masuknya Negara Indonesia ke dalam Organisasi Penerbangan dan pelayaran Internasional, maka Indonesia berkewajiban untuk menyiapkan dan memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan terhadap pengguna jasa transportasi dunia yang melintas wilayah Indonesia. Bahwa negara Indonesia siap melaksanakan upaya SAR apabila terjadi kecelakaan di manapun tempatnya. Kepercayaan masyarakat dunia ini akan terbangun apabila Indonesia dapat membuktikan dengan kecepatan memberikan pertolongan pada setiap saat dan setiap tempat sehingga dapat mengurangi jumlah korban yang ditimbulkan akibat musibah penerbangan dan pelayaran tersebut.

Dilatarbelakangi konsekuensi tersebut maka Badan SAR Nasional wilayah kerja Kantor SAR Banjarmasin mengadakan Rapat Koordinasi SAR yang dilaksanakan pada hari Kamis (26/9) dengan mengusung tema “Melalui Rapat Koordinasi SAR Kita Eratkan Kerjasama Dalam Rangka Memberikan Pelayanan SAR Secara Profesional Untuk Penyelamatan Jiwa Manusia”. Acara yang dilangsungkan di meeting room Novotel Hotel Banjarbaru tersebut dihadiri oleh Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., Komandan Lanal Banjarmasin Letkol Laut (P) Dato Rusman SN., Wakil Walikota Banjarbaru Ogy Fazar Nuzuli, Kasrem 101/Ant Letkol Inf Heri Pribadi, para pejabat unsur TNI/Polri, Pemko Banjarbaru, Kabiro Banjarmasin Post Banjarbaru Didik Trio Marsidi serta para undangan lainnya.

Baca juga:  TNI AU dan PIA Ardhya Garini Peduli Garut

Dalam sambutan Kepala Badan Search and Rescue (SAR) Nasional Banjarmasin, Bapak Jasril mengatakan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan koordinasi dengan potensi SAR agar dalam pelaksanaan operasi SAR dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Dijelaskan pula tujuan lain diadakan Rapat Koordinasi SAR tersebut adalah untuk menghimpun data dan masukan dari pemangku kepentingan guna tersusunnya Rencana Operasi kecelakaan di laut dan meningkatkan koordinasi antar unsur SAR dalam penanganan kecelakaan penerbangan di Banjarmasin khususnya Provinsi Kalsel serta meningkatkan kompetensi atau kemampuan personil, meningkatkan sarana dan prasarana SAR, koordinasi yang mantap dengan potensi SAR, serta manejemen operasi SAR yang efektif.

Komandan Lanud Sjamsudin Noor Letkol Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., yang bertindak sebagai narasumber dalam jalannya rapat tersebut mengatakan TNI AU khususnya Lanud Sjamsudin Noor akan siap membantu SAR dalam penanggulangan bencana maupun kegiatan lainnya, karena hal tersebut merupakan tugas bersama dan selain itu semua orang berkewajiban untuk membantu masyarakat yang lagi mengalami musibah dan bencana. Danlanud SAM didampingi beberapa narasumber/panelis diantaranya Kepala Sub Direktorat Siaga Standarisasi dan Latihan Badan SAR Nasional Bapak Anggit Mulyo Satoto, Palaksa Lanal BJM Mayor Laut (P) Sahatro Silaban, dan BPBD Banjarmasin Bapak Sahrudin, SE.

Baca juga:  Dua Jabatan Kepala Dinas Lanud Zam Diserahterimakan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel