Berita

Danlanud Soewondo Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Bandar Betsy Kabupaten Simalungun

Danlanud Soewondo Mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Bandar Betsy kabupaten Simalungun
#TNIAU 

TNI AU. Danlanud Soewondo Kolonel Pnb Meka Yudanto, S.Sos., M.A.P. mengikuti Upacara Hari Kesaktian Pancasila sekaligus mendampingi Gubernur Sumatera Utara bapak Edy Rahmayadi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara pada upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di tugu Letda Sujono di Bandar Betsy kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Selasa (1/10/2019).

Letnan Dua Sudjono tercatat sebagai salah satu Pahlawan Revolusi yang menjadi korban dari keganasan massa yang dimobilisasi oleh PKI di tahun 1965. Peristiwa yang mengakibatkan gugurnya Letnan Dua Sudjono itu dikenal dengan “Peristiwa Bandar Betsy”, dan setiap tahunnya pada tanggal 1 Oktober dilaksanakan upacara tingkat Provinsi Sumatera Utara di lokasi tugu Letda Sujono di Bandar Betsy, Simalungun.

Upacara yang juga memperingati kepahlawanan Letda Sujono saat tragedi Bandar Betsy diikuti oleh ribuan personil TNI-Polri termasuk satu SST dari personel Lanud Soewondo, ASN, Organisasi Pemuda, para siswa serta ribuan warga yang memadati lokasi Tugu menyaksikan proses jalannya upacara.

Gubernur Sumut bapak Edy Rahmayadi pada kesempatan tersebut menyampaikan, agar jangan ada lagi pengkhianatan kepada bangsa seperti kejadian masa lalu, 30 September 1965 silam. Untuk itu seluruh rakyat harus menjaga bangsa ini tetap bermartabat berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.

Selain upacara dan peletakan karangan bunga di Tugu Kesaktian Pancasila tersebut, Rombongan juga disuguhi tarian multi etnis Sumut yang dibawakan mewakili adat suku lokal masing-masing. Kisah Letda Sujono juga dibawakan sedemikian rupa penuh penjiwaan. Sehingga menceritakan sejarah Pahlawan Nasional yang gugur mempertahankan kedaulatan NKRI saat itu, serta sebagai balas jasa, keluarga Almarhum diberikan tali asih kepada Zulkifli.

Turut hadir pada kegiatan tersebut di antaranya, Ketua DPRD Sumut, Kasdam I Bukit Barisan, Danlanud Soewondo yang didampingi Ketua PIA Ardhya Garini cab 15/D.I Lanud Soewondo Ny. Meka Yudanto, Bupati Simalungun, Sekdaprov Sumut bersama jajaran OPD Pemprov Sumut serta unsur Forkopimda Simalungun.

Pada saat yang sama, seluruh personel TNI AU diwilayah Medan juga melaksaanakan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di apron Bravo dengan Irup oleh Aspers Kosekhanudnas III Medan.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel