Berita

Danlanud Soewondo Silaturahmi ke MUI Medan

Dibaca: 22 Oleh 22 Agu 2016Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Lanud Soewondo, Kolonel Pnb Arifein Sjahrir bersama staf melaksanakan silaturahmi ke kantor MUI kota Medan yang diterima oleh Wakil Ketua DR.H Hasan Maksum M.AG dan Sekjen MUI kota Medan.

Pada pertemuan tersebut, Komandan Lanud Soewondo menyampaikan secara ringkas permasalahan tanah TNI AU di Kelurahan Sarirejo dan kronologis kejadian pada hari Senin 15 Agustus 2016 yang lalu. Danlanud sangat menyesalkan terjadinya peristiwa itu. Secara spontan anggotanya memasuki masjid tanpa membuka alas kaki karena ingin menghentikan pengeras suara yang berusaha memprovokasi warga. Atas kejadian tersebut, Danlanud memohon maaf.

Dengan adanya silaturahmi tersebut, Waketum MUI Medan menyampaikan tanggapannya sebagai berikut :

1. MUI memahami bahwa masyarakat umum tidak mengetahui masalah ini secara utuh dan hanya melihat masalah ini hanya berdasarkan apa yang telah disampaikan oleh media, baik media cetak maupun media elektronik.

2. MUI memahami bahwa akar permasalahan ini adalah adanya klaim kepemilikan tanah oleh warga Sarirejo yang merujuk pada Putusan Mahkamah Agung.

Baca juga:  MENKES, KASAD DAN KEPALA BIN TERIMA WING PENERBANG KEHORMATAN

3. MUI Kota Medan akan mencoba untuk mensosialisasikan permasalah yang sebenarnya kepada pengurus MUI di tingkat Kecamatan se-Kota Medan serta Ormas Islam, salah satu tujuannya adalah untuk mencegah agar tidak muncul masalah yang lebih luas lagi, karena ibarat kata orang Medan: “minyaknya sudah tumpah kemana-mana, tinggal menunggu ada yang menyulutnya”. Untuk itu Waketum MUI kota Medan meminta Komandan Lanud untuk memberikan data-data pendukung yang diperlukan.

4. Berkait dengan adanya pemanfaatan Masjid dan pengeras suara Masjid di wilayah Sarirejo guna menggalang warga masyarakat untuk melakukan aksi unjuk rasa, MUI akan menyampaikan kepada seluruh pengurus Masjid di wilayah Sarirejo tentang hak-hak dan kehormatan Masjid dan bagaimana seharusnya memperlakukan Masjid sesuai nilai-nilai Islami.

5. Akan menyampaikan hasil pertemuan dengan Komandan Lanud ini kepada Ketum MUI kota Medan serta MUI Provinsi Sumut, dengan tujuan untuk bersama-sama mencintakan situasi yang kondusif dan mencegah timbul nya konflik yang berbasis SARA melalui media Dakwah dan Tausiyah.

Di akhir pertemuan, Sekjen MUI Kota Medan DR Supri Arbani mengatakan bahwa untuk mencegah meluasnya masalah ini, MUI Kota Medan akan bertemu dengan pengurus Masjid AL Hasanah di Sarirejo. Selain itu,dalam waktu dekat MUI Kota Medan merencanakan akan mengadakan pertemuan dengan seluruh pengurus MUI Kecamatan se-kota Medan dimasa mendatang, untuk menghindarkan adanya salah penafsiran masyarakat.

Baca juga:  Asah Keterampilan Menembak Personel Lanud J.A.Dimara Gelar Latihan Menembak

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel