Berita

DANLANUD SPO BERI PEMBEKALAN KEPADA MAHASISWA UPN “VETERAN”

Dibaca: 13 Oleh 16 Mar 2012Tidak ada komentar
21722ef118dabb8b34f8ca385dddf40d
#TNIAU 

Komandan Pangkalan TNI AU Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos memberi pembekalan kepada mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” di aula Markas Batalyon 465 Paskhas Brajamusti, Rabu (14/3) malam. Acara pembekalan teknis ini merupakan rangkaian kegiatan Integrasi Mahasiswa Dewasa (Simada) Ke- 5 UPN “Veteran” tahun 2012 sebelum berangkat ke Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalbar.

Turut hadir pada acara tersebut Rektor UPN Jakarta Marsda TNI (Purn) Koesnadi Kadi, M.Sc, RCDS, Rektor UPN Yogyakarta Prof.Dr. Didiet Welly Udjianto, MS, Rektor UPN Jatim Prof.Dr. Ir Teguh Sudarto, MP, Ketua YKPP Prof. Dr. M Bambang Pramono, para dosen serta para pejabat Lanud Supadio, Skadron Udara 1 dan Batalyon 465 Pakshas.

Dalam acara pembekalan ini yang menjadi moderator Marsma TNI (Purn) Ir. BB Sulistyono, S.Sos, MAP sedangkan sebagai narasumber adalah Asisten Teritorial (Aster) Kodam XII/Tpr Kolonel Inf Fajar Budiman yang mewakili Pangdam XII/Tpr, Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Kustono, S.Sos dan Perwira Pelaksana (Palaksa) Letkol Laut (P) I Gede Merta Yasa mewakili Danlanal Pontianak.

Baca juga:  440 Siswa Siswi SMP ikuti Seleksi Daerah PPDB SMA Pradita Dirgantara

Danlanud Supadio yang menjadi narasumber ketiga menjelaskan tentang kesiapan operasional Pangkalan TNI AU Supadio dalam rangka menjaga keutuhan dan kedaulatan wilayah udara nasional.

Diawal paparannya Danlanud menjelaskan, Lanud Supadio merupakan satuan jajaran Koopsau I yang terletak di propinsi Kalbar. Berdasarkan Skep Kasau No. Skep/22/XI/1998 tanggal 25 Nopember 1998 Lanud Supadio merupakan Pangkalan TNI AU Tipe “B” dengan luas area 130,385 HA dan telah bersertifikat.

Lanud Supadio, lanjut Danlanud, awalnya merupakan pangkalan operasi namun pada tahun 1998 dijadikan pengkalan induk dengan ditempatkannya pesawat tempur taktis Hawk 100/200 dan penempatan satu batalyon Paskhas. Sedangkan tugas pokok (tupok) Lanud Supadio sesuai Perkasau No : Perkasau/110/XII2009 tanggal 2 Desember 2009 adalah satuan pelaksana Koopsau I yang memiliki tupok menyiapkan dan melaksanakan pembinaan dan operasi seluruh satuan dalam jajarannya serta pemberdayaan wilayah pertahanan dirgantara. Diakhir paparannya Danlanud menyuguhkan film tentang operasi perebutan dan pengendalian pangkalan udara.

Sebelumnya yang menjadi narasumber pertama adalah Aster Kodam XII/Tpr yang menyampaikan tentang kondisi teritorial Kalbar dan narasumber kedua Palaksa Lanal Pontianak yang menyampaikan materi tentang operasional Lanal Pontianak.

Baca juga:  Komandan Lanud Rsa Gowes Bersama Pangkogabwilhan I

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel