Berita

Danlanud Sugiri Sukani Pimpin Upacara Peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU

Dibaca: 71 Oleh 30 Jul 2020Tidak ada komentar
Danlanud Sugiri Sukani Pimpin Upacara Peringatan Hari Bakti ke-73 TNI AU
#TNIAU 

TNI AU. MAJALENGKA.  Dengan mengambil tema “Dengan Nilai-Nilai Kepahlawanan 29 Juli 1947 TNI AU Siap Mendukung Adaptasi Kebiasaan Baru Menuju Indonesia Baru” Lanud Sugiri Sukani melaksanakan kegiatan Upacara dalam rangka memperingati Hari Bakti ke 73 TNI Angkatan Udara di Lapangan Mako I Lanud Sugiri Sukani Jln Pangkalan S. Sukani Kabupaten Majalengka, Rabu (29/7/2020).

Dalam kesempatan ini kegiatan yang dihelat dengan cukup sederhana dan tetap mengacu pada protokol kesehatan tersebut, bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Danlanud Sugiri Sukani Letkol Pnb Riky Helman, S.E., sedangkan Komandan Upacara Kapten Tek Mulyadi Joyomartono dan Perwira Upacara Lettu Sus Gigih Dayu P dengan dihadiri dan diikuti para kadis, para Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Lanud Sugiri Sukani.

Danlanud Sugiri Sukani Letkol Pnb Riky Helman dalam membacakan amanat Kepala Staf Angkatau Udara menyampaikan bahwa peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara pada tahun ini dilaksanakan secara sederhana dan dengan format yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Tidak ada rangkaian kegiatan napak tilas sejarah hingga ziarah di Monumen Ngoto, sebagaimana yang biasa kita laksanakan secara terpusat di Yogyakarta.

Baca juga:  Pasukan PHH Lanud Iswahjudi Berhasil Amankan Pendemo

Meskipun demikian, dalam peringatan Hari Bakti TNI Angkatan Udara di tahun ini, kita turut berempati dengan memberikan berbagai bantuan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19. Selain itu, kita juga telah melaksanakan kegiatan donor darah, melaksanakan ziarah di TMP Nasional, serta puncaknya pada hari ini kita melaksanakan Upacara Peringatan Hari Bakti ke-73 TNI Angkatan Udara.

Pada awal upacara telah kita dengarkan kilas balik peristiwa heroik 73 tahun silam, tentang operasi udara pertama yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Udara. Bermodal keberanian dan semangat kejuangan, kadet penerbang Muljono, Sutardjo Sigit, dan Suharnoko Harbani berhasil menunjukkan bahwa Angkatan Udara tidak akan tinggal diam ketika kedaulatan negara terganggu.

Namun keberhasilan operasi tersebut, harus dibayar mahal dengan jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA yang ditembak jatuh pesawat Kitty-Hawk Belanda, sehingga para pahlawan bangsa Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara I Adi Soemarmo, gugur dalam peristiwa yang kemudian kita peringati sebagai Hari Bakti TNI Angkatan Udara.

Baca juga:  Danlanud Rsn Hadiri Apel Gelar pasukan Pengamanan Pemilu Tahun 2019

Peristiwa ini mewariskan kepada para generasi penerus, akan nilai luhur semangat juang dan pengorbanan para pendahulu TNI Angkatan Udara. Meskipun hidup di era yang berbeda, namun prajurit TNI Angkatan Udara di masa kini, harus mampu berjuang dan mengabdi dengan semangat yang sama. Sehingga peringatan bersejarah ini, dapat menjadi pendorong dan penyemangat para prajurit dalam mengabdikan diri kepada bangsa dan negara.

Usai dilaksanakan kegiatan upacara dilanjut dengan penanaman pohon secara simbolis di aArea Mako l Lanud Sugiri Sukani.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel