TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

DANLANUD SULAIMAN : BERKURBAN TUMBUHKAN KESALEHAN SOSIAL

By 06 Oct 2014 Berita
indonesianf16pesawat0170_tniau

Peristiwa kurban diharapkan dapat menumbuhkan kesalehan sosial dari setiap individu umat Islam. Berkurban adalah sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah Subhanahu Wata’ala. Secara sosial berkurban adalah sarana untuk mensejahterakan umat. Manfaat kurban ditinjau dari aspek sosial adalah memberi makan kepada fakir miskin. Memberi makan dalam arti luas bukan hanya memberikan makan pada jasmani atau perut, melainkan juga memberi makan kepada rohani atau akal.

Demikian sambutan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Djamaluddin, M.Si (Han) pada pelaksanaan sholat Idul Adha 1435 H/2014 M di Lapangan Apel Staf II Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung, Minggu (5/10) yang juga diikuti warga Lanud Sulaiman dan masyarakat sekitar.

”Pengertian berkurban tidak semata-mata menyembelih hewan. Menyembelih hewan hanyalah sekedar lambang dari pengorbanan. Jadi, hakekat pengorbanan adalah mengorbankan segala yang paling dicintainya untuk mengikis debu dalam hati yang menghalangi, yaitu kekikiran dan keserakahan. Sebagaimana dinyatakan dalam Surat Al Hajj ayat 37 yang artinya, daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah SWT., tetapi ketaqwaan dari kamulah yang dapat mencapainya,” kata Danlanud.

”Oleh karena itu, kepada hadirin saya mengajak untuk menyimak, menghayati, dan kemudian mengamalkan hikmah yang terkandung dalam peristiwa kurban, sesuai dengan tema perayaan Idul Adha kali ini, yaitu “Dengan Hikmah Idul Adha Kita Mantapkan Kebersamaan Prajurit TNI Dengan Rakyat Guna Memperkokoh Persatuan Dan Kesatuan Bangsa”, kata Danlanud. 

Pada peringatan Idul Adha 1435 H tahun ini, imam dan khatib Ustad H. Mamat Rohimat selaku pengasuh pondok pesantren Al-Barokah Lembang menyampaikan tausiyahnya yang intinya bahwa sesungguhnya peristiwa kurban adalah ujian keimanan dan ketaqwaan Allah SWT kepada hambanya, yakni Nabi Ibrahim a.s. yang pada saat itu dengan ikhlas menyembelih anaknya nabi ismail untuk bukti akan ketaatan pada sang Kholik yang kemudian atas kehendak-Nya Allah Swt menggantikan penyembelihan itu dengan seekor Qibas. 

Usai pelaksanaan Salat Id, pada pukul 08.00 wib pihak panitia Idul Qurban, yang dalam hal ini Seksi Bintal Lanud Sulaiman melaksanakan penyembelihan hewan qurban di samping halaman kantor Fasint dekat gedung Bioskop lama untuk selanjutnya dibagikan kepada mereka yang berhak menerima.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

DANLANUD SULAIMAN : BERKURBAN TUMBUHKAN KESALEHAN SOSIAL