Berita

Danlanud Sulaiman Hadiri Forkopimda Bahas Cegah Virus Corona

DANLANUD SULAIMAN HADIRI BAHAS CEGAH VIRUS CORONA
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mohammad Nurdin bersama Bupati Kabupaten Bandung H. Drs. Dadang M. Nasser beserta jajaran pemerintah daerah dan jajaran Forkopimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) Kabupaten Bandung, Minggu (22/03/2020), menerima kedatangan Gubernur Jawa Barat H. Ridwan Kamil untuk duduk bersama membahas pencegahan penyebaran virus Corona di ruang rapat Stadion Jalak Harupat, kabupaten Bandung, Soreang.

Dalam pembahasan yang juga dihadiri Kadinkes kabupaten Bandung Grace Mediana Purnami dan Ketua BPBD kabupaten Bandung beserta staf jajarannya, Gubernur menyampaikan kebijakan yang menyatakan bahwa hari-hari kedepan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melanjutkan program tes proaktif yang sudah dilakukan sejak minggu lalu dengan teknik PCR yang hasil keluarnya dapat dilihat setelah waktu 5 jam.

Teknik proaktif baru yang akan dilakukan adalah melalui metode Rapid Diagnostic Test (tes darah) dengan skala massal ribu-ribu dan cepat (10-15 menit) dengan tes kit yang dikirim dari pemerintah pusat. Terkait dengan geografis Jawa Barat yang sangat luas dan beragam kondisinya, maka rencana tes massal untuk covid-19 akan dilakukan dengan multiopsi, yaitu door to door untuk mereka yang paling harus diwaspadai (ODP/PDP) di zona kota yang dekat secara jarak seperti pola di Jakarta. Drive- through  satu persatu tanpa kerumunan untuk masyarakat umum di lapangan parkir yang sangat luas (parkiran stadion, bandara, dan lain-lain) dengan sistem, yaitu pertama datang sesuai appointment, antri satu persatu, ada jarak fisik dan waktu. Kedua, tidak ada persentuhan fisik sama sekali cukup di dalam kendaraan. Ketiga, dalam 10 menit, jika hasil negatif maka langsung pulang. Namun, jika indikasi positif maka akan dilakukan prosedur lanjutan.

“Test massal ini tidak untuk semua orang. Hanya untuk mereka yang ditandai memiliki resiko dan potensi tertular atau menularkan tinggi. Prosedur layak di test atau tidak perlu akan dikabari selanjutnya. Oleh karena itu, hadirnya Dandim, Kapolresta, dan Komandan Lanud Sulaiman disini adalah dalam rangka membantu memetakan alur kendaraanya seperti apa. Semuanya dalam tahap persiapan,” jelas bupati.

Baca juga:  Pengarahan Dansatgasud Kepada Satgas Pamtas Gawi Manuntung

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel