Berita

Danlanud Supadio Buka Operasi Bhakti TNI-15

Dibaca: 14 Oleh 29 Jun 2015Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Palito Sitorus, S.IP., M.M membuka secara resmi Operasi Bhakti TNI-15 pada suatu upacara militer di Main Apron Lanud Supadio, Senin (29/6). Turut hadir para pejabat dan anggota di jajaran Lanud Supadio, Skadron Udara 1, Skadron 51, Bataylon 465 Paskhas dan Dandenhanud 473 serta perwakilan masyarakat.

Komandan Lanud Supadio yang juga selaku Inpektur Upacara (Irup) dalam sambutan tertulisnya mengatakan bahwa tugas pokok kita sebagai TNI adalah sebagai alat pertahanan Negara. Sebagaimana tertuang dalam Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yaitu melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari segala bentuk ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara.

“Tugas pokok TNI dilaksanakan dengan Operasi Militer untuk Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Khusus dalam melaksanakan tugas pada OMSP diantaranya adalah memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintahan di daerah yang dilaksanakan antara lain dengan Operasi Bakti TNI seperti yang akan kita laksanakan,” kata Danlanud.

Baca juga:  83 Casis Ba PK TNI AU Lulus Tes Pantukhir Di Lanud Sultan Hasanuddin

Bakti TNI, lanjutnya, merupakan perwujudan Dharma Bakti TNI sebagai alat pertahanan Negara dengan mendayagunakan kemampuan TNI, bersama – sama instansi pemerintah terkait dan komponen bangsa lainnya untuk membantu tugas pemerintah dalam menangani permasalahan sosial di daerah, menanggulangi akibat bencana alam dan tugas pemberian bantuan kemanusiaan.

“Operasi Bakti TNI juga ditujukan untuk mewujudkan kemanunggalan TNI – Rakyat melalui pelaksanaan kegiatan bantuan kemanusiaan dan bakti sosial kemasyarakatan, dalam rangka membantu masyarakat sipil untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi terwujudnya stabilitas dalam negeri,” tambah Danlanud.

Sementara itu Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Lanud Supadio Letkol Pnb Sidik Setiyono, S.E selaku Koordinator Bhakti TNI Terpadu-15 mengatakan sebagai dasar kegiatan operasi bhakti TNI ini adalah Telegram Pangkoopsau I Nomor : T/2300/2015 tanggal 26 Juni 2015.

“Maksud dan tujuannya adalah untuk menarik simpati masyarakat dengan melaksanakan pembangunan fisik dan nonfisik di daerah sasaran yang bertujuan meningkatkan kemanunggalan TNI khususnya TNI Angkatan Udara dan Rakyat dalam rangka mendukung tugas operasi,” kata Kadisops.

Baca juga:  Upacara Perdana Danlanud Sulaiman

Kadisops menambahkan operasi Bhakti TNI ini dilaksanakan selama 21 hari mulai tanggal 26 Juni 2015 bertempat di desa Tamajo, Kecamatan Paloh, Kabupaten Sambas dengan melibatkan 150 orang anggota.

“Adapun sasarannya antara lain pembangunan fisik berupa perbaikan jalan dan jembatan sedangkan non fisik berupa pengobatan gratis, penyuluhan kesehatan, penyuluhan kerukunan antar umat beragama dan penyuluhan bela Negara kepada masyarakat di daerah sasaran,” kata Kadisops.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel