TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud Supadio Wawancara Dengan Kompas TV

By 05 Oct 2016Berita
c130_hercules_indonesian_air_force_approaching

Latihan Angkasa Yudha 2016 pada hakekatnya adalah menguji tingkat kesiapan operasional TNI Angkatan Udara, juga menguji kemampuan Kotama Operasi dikaitkan dengan Doktrin Swa Bhuwana Paksa dalam melaksanakan operasi udara. Latihan Angkasa Yudha sendiri merupakan latihan puncak TNI Angkatan Udara dan merupakan akumulasi dari berbagai latihan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, yang dicapai dari pembinaan dibidang intelijen, operasi, personel, logistik maupun di bidang komunikasi elektronik (Komlek) yang dilakukan selama ini.

Demikian dikatakan Danlanud Supadio Marsekal Pertama TNI Tatang Harlyansyah, S.E didampingi Dangwing Udara 7 Kolonel Pnb Prasetiya Halim saat diwawancari wartawan Kompas TV di ruang rapat Mako Lanud Supadio, Selasa (4/10) yang menanyakan tentang latihan Angkasa Yudha 2016.

Lebih lanjut Danlanud Supadio menjelaskan bahwa latihan Angkasa Yudha tahun ini dipusatkan di Lanud Ranai, Natuna. Dimana pada latihan ini Bapak Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Panglima TNI berkenan untuk menyaksikan latihan puncak TNI AU yang melibatkan seluruh kekuatan pesawat yang dimiliki TNI Angkatan Udara sehingga akan terlihat nanti daya gempur operasi udara yang dilaksanakan TNI AU.

“Pada latihan ini mengerahkan seluruh prajurit TNI AU dari beberapa Lanud dan kesatuan, dengan kekuatan kurang lebih 3000 pesonel TNI AU. Sedangkan Lanud Supadio melibatkan satu skadron pesawat tempur Hawk 209/109. Kemudian dari Skadud 51 melibatkan pesawat tanpa awak untuk melaksanakan operasi, Kemudan kami dari Lanud Supadio menerima beberapa unsur lain seperti dari CN 235 dari Lanud Halim Perdanakusuma dan Skadud 21 dengan pesawat Super Tucano dari Lanud Abdulrachman Saleh. Latihan sudah dimulai dan puncaknya pada tanggal 6 Oktober ini. Dengan adanya latihan Angkasa Yudha ini tentunya diharapkan agar seluruh prajurit TNI AU, khususnya Lanud Supadio menjadi prajurit yang lebih professional dalam melaksanakan tugasnya untuk melaksanakan operasi udara sesuai doktrin TNI Angkatan Udara Swa Bhuana Paksa,” jelas Danlanud.

 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud Supadio Wawancara Dengan Kompas TV