Berita

Danlanud Surabaya : “Berkurban merupakan sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada Sang Pencipta”.

Dibaca: 13 Oleh 14 Sep 2016Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Komandan Lanud Surabaya, Kolonel Pnb Fachrizet, S. Sos. dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4/D II Lanud Surabaya, Ny. Rozanna Sari Fachrizet beserta segenap warga Lanud Surabaya dan masyarakat sekitar melaksanakan shalat Idul Adha 1437 H di lapangan upacara Mako Lama Lanud Surabaya. Senin, (12/09).

Menurut Komandan Lanud Surabaya dalam sambutannya, “Manfaat dari Idul Adha atau Idul Qurban ini mengandung dua aspek, yaitu aspek pribadi dan aspek sosial. Secara individu berkurban adalah sebagai ibadah dan mensyukuri nikmat Allah SWT serta sebagai sarana pembersih diri dan pendekatan diri kepada sang pencipta Allah SWT, secara sosial berkurban adalah sarana untuk menjalin hubungan baik kepada sesama manusia dalam rangka mensejahterakan umat manusia. Adapun manfaat kurban ditinjau dari aspek sosial adalah sebagai wujud bentuk rasa kasih sayang kepada sesama manusia bahwa yang mampu wajib menolong kepada yang kurang mampu atau tidak mampu, betapa sulitnya mereka untuk dapat memenuhi kebutuhan primer apalagi sekunder dan juga untuk menjaga jarak lebih dekat lagi antara si miskin dan si kaya, sehingga Ukhuwa Islamiya diantara ummat islam tetap utuh dapat terjaga dengan baik sampai akhir zaman. Oleh karena itu marilah dalam kesempatan Idul Qurban tahun1437 H ini, kita perbaharui niat kurban kita semata-mata karena ikhlas mengharap ridho Allah SWT”.

Baca juga:  LATIHAN COMBAT SAR DI LANUD SUPAIDO

Dalam khutbahnya, Ustadz Ali Asykuri, S.Ag., sebagai penceramah menyampaikan, “ Hari ini merupakan simbol dari pengampunan dosa dan recovery kehidupan nenek moyang kita Nabi Adam AS dan Ibu Hawa dari pelanggaran yang telah dilakukan di surga. Hari ini menjadi simbol kemenangan tauhid dan kepercayaan monoteisme dan kemusyrikan dan kepercayaan politeisme, sekaligus kemerdekaan Nabi Ibrahim dari cengkraman anarki Raja Namrud. Hari ini Allah SWT memberikan otonomi kemanusiaan lebih luas untuk menjadi khalifah di bumi tanpa melupakan kapasitas kita sebagai hamba. Idul Adha adalah hari yang sarat berbagai makna dan peristiwa kemanusiaan. Kita berharap hari raya ini menjadi momentum paling baik untuk kembali membersihkan hati kita yang kotor, menjinakkan hati kita yang keras dan meluruskan jalan pikiran kita yang bengkok”.

Usai pelaksanaan shalat Idul Adha, Danlanud Surabaya dan didampingi Ketua PIA AG Cab 4/D II Lanud Surabaya menyerahkan hewan kurban kepada panitia dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Adapun dalam Idul Adha tahun ini panitia kurban Lanud Surabaya mengumpulkan hewan kurban sebanyak 5 ekor sapi dan 22 ekor kambing dan untuk sasaran penyaluran hewan kurban kali ini adalah fakir miskin dan warga di sekitar Lanud Surabaya. Dan malam hari sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri juga dilaksanakan takbir keliling komplek oleh warga Lanud Surabaya yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Surabaya.

Baca juga:  Danlanud SMH Dampingi Gubernur Sumsel pada Upacara Live Streaming Hari Kesaktian Pancasila

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel