Berita

Danlanud Surabaya Laksanakan Shalat Idul Fitri 1437 H Bersama Warga dan Masyarakat sekitarnya

Dibaca: 8 Oleh 11 Jul 2016Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Bertempat di lapangan upacara Mako Lama Lanud Surabaya, Komandan Lanud Surabaya, Kolonel Pnb Fachrizet, S. Sos. dan Ketua PIA Ardhya Garini Cab 4/D II Lanud Surabaya, Ny. Rozanna Sari Fachrizet beserta segenap warga Lanud Surabaya dan masyarakat sekitar melaksanakan shalat Idul Fitri 1437 H. Rabu (06/07).

Menurut Komandan Lanud Surabaya dalam sambutannya, “Hari ini merupakan hari kemenangan bagi seluruh umat islam di seluruh dunia, khususnya bagi yang telah menjalani ibadah puasa satu bulan penuh untuk memperoleh ridho Allah SWT. Bulan suci Ramadhan telah meninggalkan kita, dimana bulan yang penuh berkah itu, merupakan bulan untuk membersihkan diri. Melalui serangkaian perintah menjalankan kewajiban ibadah seperti berpuasa, bertarawih, bertadarus, berzakat fitrah, serta amalan yang mulia lainya dan menghindarkan diri dari segala perbuatan keji dan mungkar dan bagi seorang hamba yang memenuhi perintah Illahi, mereka akan mendapatkan nilai keimanan, ketaqwaan serta berhasil kembali ke fitrah yang suci dan bersih lahir maupun batin bagaikan bayi baru dilahirkan dari ibunya”.

Baca juga:  Panglima Kosek Hanudnas III Hadiri Rapat Paripurna Istimewa DPRD Provinsi Sumatera Utara

“Setelah kita berhasil menjalani hubungan baik dengan Allah SWT, maka kita juga harus dapat menjalani hubungan baik dengan sesama manusia, dimulai dengan saling memaafkan suami istri dan putra –putri kita dilanjutkan dengan bersilaturrahmi kepada kedua orang tua kita, sanak saudara, tetangga serta para sahabat. Hal ini kita lakukan untuk mematuhi perintah Allah dalam surat Ali Imran ayat 112 yang artinya :“Kamu akan ditimpahkan kehinaan dimana saja mereka berada, kecuali mereka yang dapat menjalin hubungan baik kepada Allah dan dengan sesama manusia”. dengan demikian pasca Ramadhan kita benar-benar paripurna mendapat predikat sebagai hamba yang bertaqwa di sisi Allah SWT”, tambah Danlanud dalam sambutannya.

Dalam khutbahnya, Ustadz Drs. H. Roziqi, MM. sebagai penceramah menyampaikan, “ Sebagai orang Islam yang konsis terhadap pesan-pesan agamanya, ibadah Ramadhan merupakan spiritual exercise, pelatihan rohaniah. Pada saat itu, kualitas kemanusiaan muslim diuji coba, kualitas kita dievaluasi, kemudian direvisi utnuk dijadikan tolok ukur sejauh mana kualitas ketaqwaan kita yang selama ini diabdikan akepada Allah SWT. Apakah denganm puasa Ramadhan kita mampu menahan ambisi yang tidak terpuji. Apakah dengan puasa Ramadhan kita mampu mengendalikan angkara murka yang hina itu. Apakah dengan puasa Ramadhan kita telah mampu menyingkirkan kebencian dan rasa dendam diantara kita. Jika sifat-sifat tersebut dapat kita miliki , maka kita bisa dikatakan ibadah Ramadhan diterima oleh Allah SWT, jika sebaliknya berarti ibadah Ramadhan kita tertolak oleh-Nya. Oleh karenanya marilah kita evaluasi ibadah Ramadhan kita agar di tahun yang akan datang dapat kita sempurnakan sesuai dengan petunjuk Allah dan Rasul-Nya”.

Baca juga:  Pusdiklat Paskhas Tutup Kursus Dallan A-26 T.A 2015

Usai pelaksanaan shalat Idul Fitri, Danlanud Surabaya dan Ketua PIA AG Cab 4/D II Lanud Surabaya melaksanakan acara halal bihalal dengan bersalam-salaman dengan warga Lanud Surabaya dan dilajutkan dengan acara Open House di kediaman Komandan Lanud Surabaya.

Malam hari sebelum pelaksanaan shalat Idul Fitri juga dilaksanakan takbir keliling komplek oleh warga Lanud Surabaya yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanud Surabaya. Kegiatan itu dimaksudkan untuk membesarkan mengagungkan dan mensucikan Asma Allah SWT , mempererat tali persaudaraan antara warga Lanud Surabaya, menjalin rasa solidaritas dan memupuk rasa cinta terhadap Agama Islam, menciptakan rasa kebersamaan dan kekompakan serta memeriahkan malam Hari Raya Idul Fitri 1437 H dengan cara melantunkan Gema Takbir bersama.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel