Berita

Danlanud Suryadarma Buka Latihan Dasar Survival Surya Sakti 2020

Danlanud Suryadarma Buka Latihan Dasar Surya Sakti 2020
#TNIAU 

TNI AU. Pangkalan TNI AU (Lanud) Suryadarma menggelar Latihan Survival Dasar “SURYA SAKTI” Tahun 2020. Latihan yang berlangsung selama tiga hari ini dibuka secara resmi oleh Komandan Lanud Suryadarma Marsekal Pertama (Marsma) TNI I Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc. di Lapangan Dirgantara Lanud Suryadarma, Selasa (18/2/2020).

Pembukaan latihan ini ditandai dengan dentuman TNT dari Seksi Senjata, pemasangan pita tanda peserta dan pelatih Latihan Survival Dasar. Peserta latihan terdiri dari prajurit gabungan Lanud Suryadarma dan Skadron Udara 7 serta melibatkan 123 personel yang tergabung sebagai Komandan Latihan, Komando Latihan (Kolat), Pendukung, Pengawas Pengendalian (Wasdal), Penilai dan Pelatih dari Kompi Senapan C Yonko 461 Paskhas dan Wing 8 Lanud Suryadarma.

Latihan survival dasar ini menggunakan materi latihan diantaranya P3K, potong kompas, baca peta, penggunaan GPS, keterampilan lempar pisau, caraka malam, pengenalan KSPT (Kerja Sama dengan Pesawat Terbang), Droping Barang dengan Helly Box, Evakuasi Medis Udara ( EMU), berbivak dan survival air.

Danlanud Suryadarma Marsma TNI Wayan Sulaba, S.Sos., M.Sc. mengatakan pada dasarnya latihan Survival ini rutin dilaksanakan yang bertujuan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan fisik dan mental awak pesawat agar mampu bertahan hidup sebelum adanya pertolongan. “Latihan survival ini sangat berguna bagi para awak pesawat, bila pesawatnya berada di daerah musuh dan terjadi pendaratan darurat. Dalam situasi darurat secara terbatas mereka harus mampu bertahan hidup dan menghindari musuh,” jelas Danlanud.

Baca juga:  Wing I Paskhas Mengikuti Pemecahan Rekor Dunia Senam Poco-poco

Perwira tinggi lulusan AAU 1989 ini menghimbau agar melaksanakan latihan ini dengan semangat dan sungguh-sungguh serta penuh rasa tanggung jawab dan keikhlasan hati karena latihan yang seberat apapun akan terasa ringan bila dilaksanakan dengan semangat dan sungguh-sungguh serta ikhlas. “Taati segala peraturan prosedur yang berlaku dalam latihan ini, sehingga semua ancaman, tantangan, gangguan dan hambatan dapat dihadapi dengan baik, aman, lancar dan berhasil,” pungkas Danlanud

Hadir pada acara tersebut Komandan Wing 8 Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Khairun Aslam, Kepala Dinas Logistik Kolonel Tek Dedy Cahyadi, Kepala Dinas Operasi Kolonel Pnb Tubagus Hasan, para pejabat dan seluruh anggota Lanud Suryadarma.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel