Berita

DANLANUD SURYADARMA IKUTI UPACARA GELAR PASUKAN OPERASI KETUPAT LODAYA TAHUN 2012

Dibaca: 1 Oleh 13 Agu 2012Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

Kepolisian Resort Subang (10/8) mengadakan Upacara Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Ketupat Lodaya 2012, untuk mengantisipasi Hari Raya Idul Fitri 1433 H serta pengamanan arus mudik dan arus balik selama Lebaran.

Upacara Gelar pasukan yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Polda ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dan menunjukan kesiapan Polri beserta unsur terkait lainya dalam mengahapi Hari Raya Idul Fitri 1433 H/2012 M, dengan harapan seluruh masyarakan dapat merayakan moment Idul Fitri dalam keadaan aman dan nyaman. Demikian disampaikan Kapolri dalam amanat tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Subang Ojang Suhandi selaku Inspektur Upacara.

Disampaikan juga bahwa, tradisi mudik lebaran menjelang Idul Fitri yang dilakukan masyarakat, telah berindikasi terhadap aktivitas kelompok besar masyarakat, berbagai kegiatan serta mobilitas manusia dalam jumlah besar dan dalam waktu yang bersamaan, telah berdampak pada peningkatan dinamika potensi ganguan Kamtibmas, keamanan, ketertiban dan kelancaran serta keselamatan lalulintas, yang harus kita kelola dengan baik.

Dari data yang diperoleh pada tahun lalu, pada tahun ini diperkirakan pergerakan masyarakat yang akan mudik lebaran menggunakan jalan darat diperkirakan sebanyak 5,6 juta jiwa, sedangkan yang akan menggunakan Angkutan Sungai, Danau dan Pelabuhan diperkirakan sebanyak 3,4 juta jiwa, menggunakan Angkutan laut, 1,5 juta jiwa, dan angkutan udara 3,3 juta jiwa, sedangkan pemudik yang akan menggunakan jasa Kereta Api, berdasarkan informasi dari Kementrian Perhubungan diperkirakan akan turun cukup signifikan karena pada tahun ini sudah ditetapkan batas maksimum yaitu tidak lebih dari 150 ribu tiket.

Dari tahun ketahun, yang menyebabkan terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas adalah karena meningkatnya volume kendaraaan yang tidak sesuai dengan kapasitas jalan, serta kurang disiplinya pengguna jalan. Selain itu juga, disampaikan bahwa mendekati Hari Raya idul Fitri telah berdampak meningkatnya kriminalitas, seperti kejahatan jalanan, kekerasan dengan menggunakan senjata api dan kejahatan konvensional lainnya yang cukup meresahkan dan menjadi perhatian kita bersama.

Keberhasilan Polri dalam pelaksanaan tugasnya pada tahun ini dapat dilihat dari Kelancaraan dari titik rawan macet harus lebih baik dari tahun sebelumnya, Angka kecelakaan dengan korban meninggal harus berkurang dari tahun sebelumnya, Jumlah pelanggaran lalulintas khususnya sepeda motor dan angkutan umum Bus agar dapat ditekan, Terciptanya kondisi Kamtibmas yang kondusuif, ditandai dengan kriminalitas yang menurun dan dapat dikendalikan., serta dapat mengantisifasi dan meningkatkan kewaspadaan terhadap ancaman aksi terorisme, mengingat beberapa tersangka masih berstatus DPO.

Untuk mengantisifasi keamanan dan kelancaran pada hari raya Idul Fitri nanti, Polri berserta jajaranya dan didukung instansi terkait, menggelar Oprasi Terpusat selama 16 hari dengan mengedepankan cara Preventif, dan didukung oleh 88 ribu lebih personel Polri.

Upacara Gelar Pasukan di Mapolres Subang ini diikuti oleh unsur TNI, Polri, Dinas Perhubungan, Ormas dan Pramuka, dan diakhiri dengan penghancuran Barang Bukti kejahatan yang terdiri dari Minuman keras, Narkoba (Ganja dan Obat Terlarang), Petasan serta DVD/VCD Porno dan Bajakan, yang didahului dengan penandatanganan Berita Acara Pemusnahan Barang Bukti Kejahatan, oleh Kapolres, Kepala pengadilan Negeri, Kepala kejaksaaan, Dandim serta ketua MUI Kabupaten Subang.

Baca juga:  Lanud Suryadarma Sambut Tim Wasrik Itjen Kemhan

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel