Berita

DANLANUD SURYADARMA TERBANG REFRESING DENGAN HELI LATIH

Dibaca: 13 Oleh 19 Jul 2010Tidak ada komentar
BAe Hawk 209
#TNIAU 

Guna menyegarkan kemampuannya sebagai penerbang helikopter militer, Komandan Lanud Suryadarma Kol Pnb Irwan Is. Dunggio, S.Sos., yang menjabat Danlanud Suryadarma sejak 21 Mei 2010, Rabu (14/7) untuk pertama kalinya kembali terbang menggunakan Pesawat Helikopter latih jenis Bell 47 G Solooy. Terbang refresing berjalan sekitar satu jam di area terbang di wilayah Kalijati di dampingi Mayor Pnb Tarmudji Hadi Instruktur Penerbang Helikopter di Skadron Udara 7.


Sebelum terbang Danlanud Suryadarma sejak pagi telah mengenakan coverall, kostum khusus penerbang. Sekitar pukul 09.30 WIB, ke Skadron Udara 7 untuk persiapan terbang, setelah periksa kesehatan mengambil helm khusus penerbang dan menuju Apron di dampingi Mayor Pnb Tarmudji. Sebelum Pesawat Helikopter Bell 47 G Solooy dua seat bernomor 4711 itu, start engine Mayor Pnb Tarmudji menyegarkan kembali prosedur terbang dengan menunjukkan dan menerangkan berbagai komponen yang harus diperiksa secara menyeluruh.


Berikutnya setelah helikopter “angkat kaki”, di atas lapangan rumput melaksanakan performence check, atau melakukan gerakan-gerakan di tempat untuk menguji engine helikopter apakah benar-benar bisa terbang. Saat itu Mayor Pnb Tarmudji melakukan gerakan-gerakan memutar sekitar 360º sebanyak dua kali dan memastikan helikopternya bagus. Selanjutnya helikopter menuju helipad di lokasi paterrn guna komunikasi dengan tower pengatur lalu-lintas udara di landasan untuk ijin terbang, setelah lokasi clear helikopter menuju landasan, lokasi terbang yang biasa dinamakan touch and go, maksudnya landasan tempat pesawat mendarat dan kembali terbang. Sesaat kemudian helikopter latih Bell 47 G Solooy terbang di atas area terbang wilayah Kalijati dengan melakukan touch and go sebanyak lima kali.

Baca juga:  5 Pesawat F-16 Lanud Iwj, Persiapan Demo Udara Di Jakarta

Ketika waktu menunjukkan sekitar 10.30 WIB, saat Danlanud Suryadarma dan Mayor Pnb Tarmudji keluar dari kabin Bell 47 G Solooy, tersirat di wajah Kol Pnb Irwan Is. Dunggio, S.Sos., seulas senyum, terasa teringat kembali nostalgia masa-masa awal menjadi penerbang muda dengan mengawaki heli latih Bell 47 G Solooy.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel