Berita

Danlanud SUT Bacakan Sambutan Kasau pada Peringatan HUT ke-69 Koopsau

Dibaca: 54 Oleh 15 Jun 2020Tidak ada komentar
Danlanud SUT Bacakan Sambutan Kasau Pada Peringatan HUT Ke-69 Koopsau
#TNIAU 

TNI AU.  Komandan Lanud (Danlanud) Sutan Sjahrir Kolonel Nav Medi Rachman, S.E., MBA., Avi Mgt, MMOASc, Ph.D., bacakan Sambutan Kasau pada apel khusus peringatan HUT ke-69 Koopsau yang dilaksanakan di Lanud Sutan Sjahrir bertempat di apron Lanud Sutan Sjahrir yang diikuti oleh seluruh anggota Lanud Sutan Sjahrir baik Perwira, Bintara, Tamtama serta Pegawai Negeri Sipil Lanud Sutan Sjahrir, Senin (15/6/2020).

Kasau mengatakan, Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa unprecedented nonmilitary threat, berupa pandemi global COVID-19, telah mewabah ke berbagai wilayah tanah air, bahkan ke berbagai penjuru dunia. Koopsau telah membuktikan, tidak pernah ada keraguan dalam mengerahkan segala kemampuan yang dimiliki untuk menjamin terlaksananya Core Business Angkatan Udara.

Dalam penanganan COVID-19, Koopsau beserta jajarannya telah mengerahkan personel dan alutsista untuk memberikan bantuan dan dukungan angkutan terhadap Warga Negara Indonesia dari Wuhan, pengambilan alat kesehatan dari Hongkong, serta distribusi peralatan kesehatan ke seluruh wilayah Indonesia.

Lanjut Kasau, di tengah pandemi COVID-19 ini, peran Koopsau sebagai engine dari pesawat yang bernama TNI Angkatan Udara menjadi semakin krusial. Oleh sebab
itu, saya menekankan kepada seluruh jajaran Koopsau untuk terus menjamin operational readiness Angkatan Udara. Tentunya upaya dalam menjamin kesiapan tersebut, Koopsau sudah harus menerapkan kenormalan baru, sebagaimana telah saya tekankan pada entry briefing beberapa minggu lalu.
Hal ini sangat penting untuk dilaksanakan, sehingga Koopsau dapat melaksanakan berbagai operasi udara dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh Pemerintah.

Baca juga:  Dansekkau Pimpin Sertijab Dankorsis dan Kapus Oyu Sekkau

Lebih dalam Kasau mengatakan, Derasnya arus informasi dan cepatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di era Revolusi Industri 4.0, adalah tantangan yang harus kita hadapi. TNI Angkatan Udara harus dapat menguasai berbagai teknologi disruptif yang mengiringi Revolusi Industri 4.0, sehingga tantangan tersebut tidak berubah menjadi ancaman, namun menjadi peluang bagi kemajuan TNI Angkatan Udara.

Untuk itu, saya menekankan agar Koopsau mengedepankan cara kerja yang komunikatif dan kolaboratif, serta kepemimpinan yang inklusif, sehingga dapat mengatasi berbagai tantangan yang muncul bersama Revolusi Industri 4.0 sekaligus menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.

Saya percaya Koopsau dan jajaran, akan dapat mewujudkan semangat Abhibhuti Antarikshe, yang sudah kita usung sejak dahulu. Harapan tersebut sesuai dengan tema peringatan Hari Ulang Tahun ke-69 Komando Operasi TNI Angkatan Udara, yaitu: “Berlandaskan Profesionalisme dan Jiwa Nasionalis, Koopsau Siap Mendukung Tugas TNI Angkatan Udara Yang Disegani di Kawasan.”

TNI Angkatan Udara dapat melaksanakan berbagai misi tersebut dengan kondisi Zero Accident. Ini berarti TNI Angkatan Udara telah memiliki pondasi Safety Culture yang kuat dan berada pada track yang tepat. Perlu saya ingatkan kembali bahwa Safety Culture juga harus diaplikasikan lebih luas, tidak hanya pada operasi dan latihan penerbangan, tetapi juga pada keselamatan kerja di berbagai bidang.

Baca juga:  Peringatan Nuzulul Qur’an 1439 H di Lanud Sulaiman

Selanjutnya Kasau berpesan kepada seluruh Panglima dan Komandan Satuan, untuk melaksanakan supervisi secara ketat dalam setiap misi dan kegiatan, sehingga kita dapat senantiasa mempertahankan kondisi Zero Accident yang menjadi program prioritas TNI Angkatan Udara.

“Mari bersama-sama kita bangun TNI Angkatan Udara menjadi Angkatan Udara yang disegani di kawasan.”

 

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel