Berita

DANLANUD TERIMA KUKER KOMISI I DPR RI DAN BALITBANG DEPHAN

Dibaca: 5 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Yadi Indrayadi menerima kunjungan Ketua Komisi I DPR RI Drs. Theo L. Sambuaga beserta rombongan di ruang Brifing base ops Lanud Supadio, Kamis (16/7). Namun sebelumnya Komisi I DPR RI ini berkesempatan mengunjungi Gubernur Kalbar, instansi sipil dan militer serta Pos Pelayanan Lintas Batas (PPLB) Aruk , Sajingan, Kabupaten Sambas, dan lain-lain.

 

Dalam sambutannya Danlanud mengatakan bahwa keberadaan Pangkalan TNI Angkatan Udara Supadio di Kalimantan Barat sangat bernilai strategis. Karena wilayah perbatasan dengan negara lain tentunya memerlukan suatu kesiapsiagaan yang sifatnya terus menerus dan berkesinambungan. Sehingga tindakan pelanggaran oleh negara lain dapat diketahui sejak dini dan selanjutnya dapat dicegah.

 

”Kawasan udara di atas daerah ALKI menjadi sangat rawan karena tidak menutup kemungkinan adanya pihak asing yang memanfaatkan kawasan lintas tersebut untuk melakukan berbagai tindakan pelanggaran termasuk pelanggaran kedaulatan negara di udara,” jelas Danlanud.

 

Kenyataan seperti itulah, lanjut Danlanud yang melatarbelakangi perubahan status Lanud Supadio menjadi Pangkalan TNI Angkatan Udara type B yang menjadi home base Skadron Udara 1 dengan alutsistanya pesawat Hawk 100/200 dan tentunya diperkuat dengan satu Batalyon 465 Paskhas yang berguna bukan hanya sebagai pengamanan alutsista tetapi juga sebagai pertahanan vertikal dan horizontal.

Baca juga:  BATALYON KOMANDO 463 PASKHAS GELAR LATIHAN “TRISULA UNGGUL”

 

Sedangkan Ketua Komisi I DPR RI Drs. Theo L. Sambuaga mengatakan kunjungan kerja ini bertujuan untuk mengetahui sejauhmana kesiapan Lanud Supadio dalam melaksanakan tugas sesuai dengan program yang telah ditentukan. Dan juga ingin mengetahui kendala dan hambatan yang dihadapi oleh Lanud Supadio sehingga mengganggu kelancaran tugas operasi dalam rangka pertahanan dan keamanan NKRI.

 

Sebelumnya ditempat yang sama Danlanud Supadio juga menerima kunjungan Kepala Pusat Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Pertahanan (Kapusiptekhan) Balitbang Dephan Prof. DR. Eddy S Sirad, M.Sc beserta rombongan. Adapun kunjungan kerja ini bertujuan guna mengenalkan produk-produk Balitbang Dephan dalam pengembangan iptek alutsista di TNI yang berguna untuk sekarang dan dimasa mendatang. ”Balitbang Dephan telah mampu membuat dan sedang mengembangkan produk-produk yang digunakan untuk kepentingan militer,” jelas Prof. Eddy.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel