Berita

Danlanud: Terus Upayakan Proses Pembelajaran

Dibaca: 7 Oleh 04 Okt 2010Tidak ada komentar
Danlanud: Terus Upayakan Proses Pembelajaran
#TNIAU 

Para instruktur hendaknya terus mengupayakan proses pembelajaran, yaitu dengan melibatkan proses komunikasi antara tenaga pendidik dan peserta didik,sehingga terjadi proses hubungan timbal balik.

 

Demikian salah satu penekanan yang disampaikan Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Gutomo, S.I.P dalam amanatnya pada upacara penutupan pendidikan Kursus Perwira Guru Militer (Suspagumil) angkatan ke-38 di lapangan apel Staf II, Lanud Sulaiman.(4/10)

 

Menurut Kolonel Pnb Gutomo, S.I.P dengan mengupayakan dan melibatkan proses komunikasi dalam pembelajaran maka hubungan kesetaraan antara siswa dan instruktur akan terjadi komunikasi dua arah. Dengan adanya interaksi tersebut diharapkan dapat menumbuhkan pendidikan yang bersifat kesetaraan.

 

Dengan terciptanya hubungan kesetaraan maka akan tercipta suasana pembelajaran yang sama-sama belajar.

 

“Diharapkan agar kelak para instruktur dapat menampilkan karakteristik pendidik yang mampu memotivasi dan menginspirasi peserta didiknya untuk menularkan sikap, kepribadian, dan berperilaku sebagaimana mestinya sebagai tenaga pendidik,” ujar Danlanud.

 

Harus disadari pula bahwa pendidikan yang dilaksanakan bukan sekedar bersifat normatif melainkan harus benar-benar memiliki kualifikasi standar sebagai guru militer.

Baca juga:  Kosekhanudnas IV Akhiri Latihan Hanud Perkasa D.19 T.A 2019

 

Disampaikan pula, bahwa para lulusan yang kini resmi menyandang sebagai guru militer harus memberikan keyakinan kepada para peserta didiknya bahwa mereka akan memperoleh kecakapan yang tinggi, kritis, dan cakap dalam memecahkan masalah. Hal tersebut adalah sebagai bagian dari proses pengembangan mental dan kepribadian prajurit yang Sapta Marga. Dengan memahami pengetahuan yang terbina dengan baik, diharapkan akan melahirkan berbagai kreativitas.

 

“Untuk itulah, kepada peserta didik hendaknya memahami dan melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai tenaga instruktur. Banyak manfaat ilmu yang diperoleh untuk dapat dijadikan bekal dalam pelaksanaan tugas di satuan masing-masing,” katanya.

 

Pendidikan Suspagumil angkatan ke-38 yang dilaksanakan di Skadik 201 Lanud Sulaiman diikuti sebanyak 28 perwira siswa dengan lama pendidikan empat bulan, siswa terbaik Letda Psk Adhi Prayogo dari Makorpaskhasau Lanud Sulaiman.

 

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel