TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danlanud ZAM Sambut Api Obor Asian Games di Bandara Internasional Lombok

berita-api-obor

TNI AU. Api Obor Asian Games 2018  tiba di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu (25/07).  Api obor Asian Games 2018 tiba di Bandara Internasioanl Lombok (BIL) pukul 07.30 WITA menggunakan pesawat Hercules yang dibawa langsung oleh ketua rombongan Marsekal Pertama TNI Eko Dono Indarto dan diserahkan kepada Komandan Lanud TGKH. M. Zainudin Abdul Madjid (ZAM) Kolonel Nav. Budi Handoyo, M. Tr. (Han) selepas Landing di BIL. Api obor Asian Games selanjutnya dibawa oleh Danlanud ZAM menuju tempat upacara penyerahan Api Obor melewati jajar kehormatan oleh seuruh personel Lanud ZAM, Pramuka Saka Dirgantara serta Ibu – ibu PIA Ardhya Garini D.II/Cab.6 Lanud ZAM.

Tiba di tempat upacara, Komandan Lanud ZAM Kolonel Nav. Budi Handoyo, M. Tr. (Han) menyerahkan Api Obor Asian Games 2018 kepada Sekretaris daerah Provinsi NTB Dr. Rosiady Sayuti, selaku tuan rumah. Kedatangan api obor Asian Games  Bandara Lombok Internasional ini disambut oleh kesenian tradisonal Gendang Beleq  serta ratusan masyarakat yang menyaksikan momen yang bersejarah di Nusa Tenggra Barat ini. Selanjutnya,. Api dibawa ke beberapa destinasi pariwisata di Lombok Tengah, seperti Desa Sade dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang saat ini tengah dikembangkan oleh Pemerintah Daerah NTB menjadi primadona wisata di pulau Lombok.

Perjalanan yang menempuh jarak kurang lebih 21 km dengan memakan waktu sekitar 40 menit ini dimeriahkan teriakan “Indonesia” oleh ratusan pelajar dan masyarakat yang menyambut sepanjang perjalanan. Di kawasan wisata kuta Mandalika, api Asian Games yang dibawa penanggung jawab torch relay Permana Sunu, disambut oleh Sekda Lombok Tengah H. M. Nursiah, Direktur Konstruksi dan Operasi ITDC, dan seluruh masyarakat Kabupaten Lombok Tengah . Selanjutnya api akan dibawa ke kota Mataram untuk menjalani prosesi Kirab Obor. Api dikirab oleh sejumlah pelari yang dimulai start dari pantai Ampenan menuju ke Pendopo Gubernur NTB. Api tiba di pendopo Gubernur NTB yang diterima langsung oleh Gubernur NTB Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, Lc., M.A. Kemudian, NTB. kemudian api akan menginap di tempat ini sebelum melanjutkan perjalanan ke Papua. Kedatangan api obor Asian Games diharapkan menjadi pembangkitkan semangat anak-anak muda di Provinsi NTB untuk berprestasi dalam bidang olahraga. Seperti  keberhasilan Lalu Zohri yang membuka mata dunia tentang potensi atlet dari NTB.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Danlanud ZAM Sambut Api Obor Asian Games di Bandara Internasional Lombok