TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Dansekkau Terima Tim Wasrik Itjenau

LAporan

TNI AU.   Komandan Sekolah Komando Kesatuan Angkatan Udara (Dansekkau), Kolonel Pnb Esron S.B. Sinaga, S.Sos., M.A., hari ini, Senin (4/6) menerima Tim Pengawasan dan Pemeriksaan (Wasrik) Itjenau di Ruang Rapat Sekkau, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Diawali dengan sambutan Komandan Sekkau dilanjutkan sambutan Irops Itjenau, Marsekal Pertama Agoes Haryadi selaku Pengendali Tim, dalam entry briefing yang diikuti seluruh pejabat dan staf Sekkau serta Tim Wasrik Itjenau juga dilaksanakan paparan Komandan Sekkau oleh Kepala Dinas Operasi (Kadisops) Sekkau, Letkol Pnb Bagus Hariyadi Brotokusumo.

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Sekkau menyampaikan bahwa pengawasan dan pemeriksaan merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melihat sejauh mana pelaksanaan program kerja dapat mencapai sasaran yang ditetapkan.   Diharapkan bila ditemukan penyimpangan terhadap pelaksanaan tugas dan organisasi, dapatnya diberikan saran-saran atau koreksi sesuai peraturan, tolak ukur serta objektifitas guna penyempurnaan kinerja Sekkau.

 “Berkaitan dengan kegiatan wasrik ini, saya harapkan kepada para obyek wasrik dapat bekerja sama dengan Tim Wasrik Itjenau, dengan memberikan data-data yang dikehendaki, keterbukaan, untuk mempermudah upaya-upaya perbaikan, demi meningkatkan kinerja organisasi TNI Angkatan Udara khususnya Sekkau” tambah Dansekkau.

Sedangkan pengendali Tim Wasrik Itjenau Marsekal Pertama TNI Agoes Haryadi mengatakan bahwa pelaksanaan Wasrik merupakan deteksi awal terhadap kemungkinan masalah, hambatan dan kesalahan ataupun penyimpangan oleh Obyek Pemeriksaan (Obrik) terhadap temuan Tim eksternal Audit  baik dari Irjen TNI, irjen Kemhan maupun BPK RI.

“Tujuan lain bahwa hasil temuan Wasrik nantinya diharapkan dapat dijadikan umpan balik dalam penyusunan dan pelaksanaan Program Kerja Sekkau dimasa yang akan datang” imbuhnya.

“Tolak ukur  keberhasilan pelaksanaan kegiatan pengawasan intern ini adalah terpenuhinya kriteria 2K yaitu kepatuhan dan ketaatan dalam melaksanakan semua ketentuan dan 3E yaitu sasaran-sasaran yang ingin dicapai teah dilaksanakan secara efektif, efesien dan ekonomis. Apabila kriteria-kriteria tersebut telah dipenuhi dan dilaksanakan dengan baik, benar dan konsisten, maka hal ini merupakan indikasi kegiatan sistim pengendalian internal atau SPI di Sekkau berjalan sesuai dengan tujuan, sehingga sasaran optimalisasi tugas dapat tercapai dengan baik” lanjut Marsma TNI Agoes Haryadi.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

Dansekkau Terima Tim Wasrik Itjenau