Berita

DANSKAD 21 BIKIN KAGUM WARGA MALANG

Dibaca: 35 Oleh 20 Mar 2014Tidak ada komentar
M 458 NA B 25 Mitchell Indonesian Airforce 7168661149
#TNIAU 

“Setahu saya penerbang itu tua-tua dan ubanan, tetapi Penerbang TNI AU yang saya lihat di layar kaca ini ternyata gagah dan ganteng. Masih muda sudah menjabat Komandan Skadron Udara yang mengoperasikan pesawat tempur lagi…!!!”, demikian rasa kekaguman yang dilontarkan oleh warga Singosari Malang yang disampaikan melalui telepon dalam acara Live Talk Show di Atv Batu Malang dalam Program I Love Malang Raya (Rabu, 19/3).

Kesan kagum itu berawal dari penampilan Komandan Skadron Udara 21 Mayor Pnb Toto Ginanto, ST. yang didampingi Kasihar Skadron 21, Mayor Tek Anthon Firmansyah, S.T. saat diwawancarai secara live oleh host Televisi Agropolitan (ATV) Batu Malang dalam acara talk show bertemakan “di udara kita jaya”.

 

Dengan lugas dan tegas Komandan Skadron Udara 21 menjelaskan bahwa sebagai Satuan Jajaran TNI Angkatan Udara yang bertugas mengoperasikan Pesawat Super Tucano, Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh selalu siap melaksanakan tugas-tugasnya dalam merawat, menyiapkan dan mengoperasikan pesawat Super Tucano dengan melaksanakan berbagai macam Operasi Latihan Penembakan Udara-Darat.

Baca juga:  Kasetumau buka penataran Takah TA 2015 di Setumau.

Menurut Komandan Skadron Udara 21, Skadron yang dipimpinnya merupakan satuan pelaksana operasional Lanud Abdurachman Saleh, yang berkedudukan Iangsung di bawah Wing 2 Lanud Abd Saleh. Skadron Udara 21 bertugas menyelenggarakan pembinaan dan penyiapan awak pesawat beserta peralatan lainnya guna mendukung kegiatan operasi dan latihan. Selain itu juga melaksanakan operasi lawan udara ofensif dengan menghancurkan sasaran kekuatan udara musuh secara komposit yang berada di permukaan. Melaksanakan operasi penyekatan udara dengan menghancurkan sasaran dengan tujuan untuk menghambat/memutus jalur logistik dan perhubungan musuh. Melaksanakan operasi serangan udara langsung dengan menghancurkan kekuatan musuh atau menghambat gerak pasukan lawan dengan target dan ancaman yang sudah diketahui, jelasnya kemudian.

Disela-sela wawancaranya, banyak penelpon yang menanyakan tentang pesawat tempur Super Tucano, Kasihar Skadron Udara 21 Lanud Abd Saleh, Mayor Tek Anthon Firmansyah, S.T. yang turut mendampingi Danskad 21 pun menjelaskannya dengan gamblang bahwa tugas Skadron Udara 21, juga melaksanakan operasi bantuan tembakan udara dengan menghancurkan kekuatan musuh yang mengancam atau menghambat gerakan lawan dengan ancaman dan target tidak direncanakan. Tugas lainnya melaksanakan operasi perlindungan udara untuk melindungi unsur kekuatan kawan agar terhindar dari kemungkinan ancaman serangan musuh. Melaksanakan operasi patroli udara untuk mendeteksi secara dini ancaman musuh yang diperkirakan dapat menghambat/mengganggu operasi darat, laut, dan udara. Melaksanakan pemeliharaan pesawat sampai dengan tingkat ringan.

Baca juga:  Batalyon 466 Paskhas Uji Ketrampilan Perorangan

Selama 30 menit program Atv “I love Malang Raya” tersebut ditayangkan, dan profil Skadron Udara 21 dari mulai persiapan pesawat, persiapan penerbangannya hingga tugas-tugas pendukung lainnya turut ditampilkan dalam filer yang memukau pemirsa.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel