Berita

Danskadron Udara 17 Lanud Halim Sematkan Kencana Number

Dibaca: 94 Oleh 20 Feb 2015Tidak ada komentar
indonesianf16pesawat0170 tniau
#TNIAU 

Bertempat di Hanggar Skadron Udara 17 Lanud Halim Perdanakusuma, Komandan Skadron Udara 17 Letkol Pnb Ali Gusman melaksanakan tradisi pemasangan kencana number dalam suatu upacara bagi dua kapten penerbangnya, yaitu Letkol Pnb I.G Putu S.D (Alumni AAU 1997) dan Kapten Pnb Rachmad Syahputra (Alumni AAU 2006), belum lama ini. Tradisi pemasangan kencana number merupakan bentuk penghargaan untuk menyandang nomor urut sebagai penerbang pesawat angkut VVIP TNI AU dikarenakan kemampuan kapten pilot bersangkutan yang telah mampu melalui tahapan sebelumnya.

Prosesi pemasangan kencana number diawali dengan kesiapan dua penerima kencana number yang memakai seragam pilot coverall. Selanjutnya setelah laporan pada inspektur upacara keduanya menunduk berdiri di atas lutut, kemudian Komandan Skadron Udara 17 Letkol Pnb Ali Gusman menempelkan kencana number di lengan sebelah kanan. Serangkaian tradisi kemudian menyertai prosesi penyematan kencana number tersebut seperti umumnya tradisi sebagai penerbang TNI AU meliputi penyiraman air bunga, penempelan kapas dan pemecahan telur di atas kepala kedua personel.

Baca juga:  Letda Lek Purwo Jati Kuswantoro, S.Tr.Han., Lulusan Terbaik Sesarcablek A-32

Tradisi diakhiri dengan syukuran di salah satu ruangan Skadron Udara 17 berupa pemotongan nasi kuning. Syukuran dilaksanakan untuk menunjukkan rasa syukur dan penghargaan kepada personel pemegang kencana number juga untuk merekatkan tali persaudaraan antara pemegang kencana number dengan crew Skadron Udara 17 dan juga Wing 1 Lanud Halim Perdanakusuma.

Dalam sambutannya sebelum syukuran Komandan Skadron Udara 17 Letkol Pnb Ali Gusman mengharapkan agar kepada para penerbang Skadron Udara 17 yang belum mendapatkan kencana number termotivasi agar kelak mendapatkannya. Sedangkan kepada pemegang kencana number diharapkan untuk terus meningkatkan rasa tanggung jawab terhadap pesawat, crew dan penumpang, tegas Letkol Pnb Ali Gusman.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel