Berita

Danwingdikkal dan Para Pejabat Jajaran Ikuti Seminar Nasional

Dibaca: 2 Oleh 02 Jun 2021Tidak ada komentar
Danwingdikkal dan Para Pejabat Jajaran Ikuti Seminar Nasional
#TNIAU 

TNI AU. Tasikmalaya. Komandan Wing Pendidikan Pembekalan Kolonel Kal Hidayat Januardi beserta seluruh pejabat jajaran Wing Pendidikan Pembekalan mengikuti Seminar Nasional yang diselenggarakan secara virtual oleh Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara, bertempat di Ruang Rapat Mako Wing Pendidikan Pembekalan, Tasikmalaya, pada Rabu (2/6/2021).

Pada acara yang diselenggarakan berpusat di Sekolah Komando Kesatuan TNI Angkatan Udara Halim Perdana Kusuma Jakarta tersebut, bertindak sebagai Keynote Speaker adalah Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. serta menghadirkan narasumber-narasumber kompeten di bidangnya antara lain, Wakli Ketua Komisi I DPR RI Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari, Direktur Jendral Strategi Pertahanan Kementrian Pertahanan Mayjen TNI Dr. rer. pol. Rodon Pedrason, M.A., Guru Besar Hukum Internasional Universitas Indonesia sekaligus Rektor Universitas Jendral Achmad Yani Prof. Hikmahanto Juwana, S.H., LL.M., Ph.D., Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional Marsda TNI Ir. Novyan Samyoga, M.M., serta Plt. Direktur Navigasi Penerbangan Elfi Amir, S. SiT., S.E., M.M. Acara yang mengangkat tema “Sinergisitas Pengelolaan Ruang Udara Nasional” tersebut juga diikuti oleh seluruh pejabat di Jajaran Markas Besar TNI Angkatan Udara, para Komandan satuan di seluruh Indonesia serta disiarkan secara langsung melalui Channel Youtube Resmi TNI AU Airmen TV, Facebook TNI Angkatan Udara, serta Instagram @militer.udara.

Baca juga:  Danseskoau : Kenaikan Pangkat Merupakan Bentuk Penghargaan

Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P. selaku Keynote Speaker dalam acara tersebut menjelaskan bahwa penegakan hukum dan menjaga keamanan wilayah udara yurisdiksi nasional sesuai dengan ketentuan hukum nasional dan internasional yang telah diratifikasi merupakan suatu kewajiban, terlebih lagi cukup banyaknya pelanggaran wilayah udara Indonesia yang cukup banyak. “Pelanggaran wilayah udara masih dianggap pelanggaran administratif adalah potensi ancaman yang nyata terhadap kedaulatan dan keselamatan bangsa,” tuturnya.

Lebih lanjut, Kasau mengharapkan agar para Stakeholders wajib bekerja sama melalui sinergi yang interoperable dan tidak tumpang tindih untuk dapat mewadahi security, safety dan prosperity, sementara undang-undang terkait pengaturan ruang udara masih belum terintegrasi dan belum dapat mengatur beberapa hal seperti batas wilayah udara horizontal, vertikal, hingga bentuk sinergi setiap unsur, terlebih penggunaan wahana udara saat ini semakin luas seperti penggunaan drone komersial, wisata/olahraga di ruang udara, serta penggunaan balon udara.

Kasau mengharapkan dengan adanya seminar tersebut, akan membahas lebih dalam tentang bentuk sinergi yang baik dan mewadahi seluruh Stakeholders yang mebutuhkan penggunaan ruang udara, untuk kemudian mengelola ruang udara mulai dari level strategis hingga ke level teknis, sehingga dapat mengantisipasi berbagai bentuk ancaman udara nasional.

Baca juga:  Dansekkau Terima Pointers Temuan Wasrikkap Itjenau

Turut hadir mengikuti tersebut, Kepala Dinas Operasi Wingdikkal, Kepala Dinas Personel Wingdikkal, Kepala Dinas Logistik Wingdikkal, serta para Komandan Skadik jajaran Wingdikkal.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel