TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

DANWINGDIKTEKKAL TUTUP PELATIHAN BELA NEGARA

By 24 Sep 2012Berita
Mustangsatriamandala

Komandan Wingdiktekkal Kolonel Tek Sigit Priyono GSC, S.IP., M.Sc menutup pelatihan bela Negara di lapangan Skadik 303 Wingdiktekkal, Kalijati. Minggu (23/9). “Selamat atas keberhasilan para peserta dalam menempuh pelatihan Bela Negara dengan baik. Mudah-mudahan keterampilan, pengalaman, wawasan yang didapat menjadi bekal berharga dalam menapaki kegiatan sekolah bahkan merintis karier di masa depan yang gemilang.”, tegasnya.

Selama tiga hari, peserta latihan yang terdiri atas Mahasiswa STIP-AN (Sekolah Tinggi Ilmu Pemerintahan Abdi Negara) dan siswa SMA Plus Astha Hannas diberikan materi kegiatan kelas dan lapangan seperti praktek lapangan P-5 (PBB, PPM, PUDD, PDG, PDT), materi perubahan dan perkembangan lingkungan strategis, toleransi kehidupan beragama, nubika (Nuklir Biologi Fisika), pengetahuan umum senjata, teori menembak senjata perorangan, implementasi pendidikan dasar militer, manajemen bencana alam, gladi posko evakuasi bencana alam, doktrin pertahanan Negara, pembangunan pluralistik bangsa serta bela Negara dan nasionalisme. Di samping itu juga diadakan pendadakan atau stealing, guna mempersiapkan kesiapsiagaan para peserta seandainya terjadi bencana alam di daerahnya dan bagaimana proses evakuasinya.

Danwingdiktekkal menyatakan apresiasi yang tinggi atas antusias dan prestasi serta progress yang baik para peserta latihan bela Negara ini. “Hal ini menandakan terdapatnya hubungan baik dan simbiosis mutualisme antara kedua pihak. Yaitu di satu pihak memerlukan arahan sikap untuk meniti masa depan dan di pihak lain memiliki keterampilan yang harus diamalkan”, ujarnya.

“Dengan waktu yang sangat singkat ini, para peserta terlihat bisa memahami dan menerima dengan baik apa yang telah disampaikan oleh pelatih, pengasuh dan pemateri. Ini merupakan bekal bagi mereka dan pengalaman yang sangat berharga dan ini juga kebanggaan bagi kami bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dari lembaga pendidikan lingkungan TNI Angkatan Udara, seperti Wingdiktekkal.”, ujar Kepala Sekolah Yayasan Astha Hannas Kolonel (Purn) Madyo, S.Pd. Hal tersebut juga dipertegas Bapak Sutrisno selaku pengasuh dan Kepala Asrama Yayasan SMA Plus Astha Hannas yang mengatakan kegiatan seperti ini diharapkan akan menjadi program rutin tahunan guna membekali para siswa mengenai kebhinekaan dan bela Negara.

Hadir dalam upacara penutupan pelatihan bela Negara para pejabat Lanud Suryadarma, pejabat Wingdiktekkal, Muspida Subang, pejabat dan pengasuh Yayasan Astha Hannas, Pembina dan instruktur Wingdiktekkal.

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

DANWINGDIKTEKKAL TUTUP PELATIHAN BELA NEGARA