Berita

Danwingdikum Ikuti Upacara HUT Wara secara Daring

Dibaca: 5 Oleh 12 Agu 2021Tidak ada komentar
IMG 20210812 WA0010
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Wing Pendidikan Umum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H., bersama Wanita Angkatan Udara (WARA) Wing Pendidikan Umum dan Skadik Jajaran mengikuti upacara HUT Ke-58 Wanita Angkatan Udara secara daring dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Kegiatan dipimpin oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Udara (Wakasau) Marsekal Madya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.DS., bertempat di Auditorium mabesau, Kamis (12/8/21).

Dalam sambutan Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E., M.P.P., yang disampaikan oleh Wakasau Marsekal Madya TNI Fahru Zaini Isnanto, S.H., M.DS., mengatakan “Selamat Ulang Tahun” kepada segenap Wanita Angkatan Udara, di mana pun berada dan bertugas. Semoga Wanita Angkatan Udara dapat senantiasa mengembangkan potensi diri sebagai prajurit TNI Angkatan Udara, sekaligus senantiasa mampu menjaga kehormatan diri sebagai wanita Indonesia, ucapnya.

Perjalanan bangsa Indonesia tidak dapat lepas dari peran kaum wanita. Tidak sedikit wanita yang turut berjuang bahu membahu bersama prajurit pria, untuk meraih kemerdekaan negara yang kita cintai ini. Di dalam organisasi TNI Angkatan Udara sendiri, keterlibatan wanita juga sudah dimulai sejak tahun 1963, dalam berbagai bentuk penugasan militer, baik dalam memberikan dukungan langsung maupun tidak langsung di berbagai misi TNI Angkatan Udara, terangnya.

Seiring perjalanan waktu, peran tersebut pun semakin meningkat dan beragam. Kini, prajurit wanita tidak hanya dilibatkan dalam tugas administratif, tetapi juga diberbagai bidang lainnya, mulai dari operasi militer hingga misi perdamaian dunia, ungkapnya. Selain itu, pada awal tahun ini, TNI Angkatan Udara juga telah mengirimkan perwakilan Wanita Angkatan Udara dalam kegiatan Women, Peace, and Security Symposium di Hawaii. Melalui keikut-sertaan dalam kegiatan tersebut, diharapkan dapat menambah pengalaman dan wawasan, serta meningkatkan profesionalisme Wanita Angkatan Udara, serta dapat berdiri sejajar dengan para wanita hebat di berbagai Angkatan Udara Negara lainnya.

Selaras dengan moto Wanita Angkatan Udara, yaitu Kanya Bhakti Sakti Sejati, yang berarti prajurit wanita yang mengabdikan diri kepada bangsa dan negara dengan keahlian dan kemahiran yang dimilikinya. Semboyan yang sangat mulia tersebut sangat tepat untuk digunakan sebagai landasan dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19, menuju tatanan baru untuk Indonesia Maju, jelasnya.

Peringatan hari jadi Wanita Angkatan Udara tahun ini juga diwarnai dengan kegiatan bakti sosial untuk membantu sesama, dalam menghadapi dampak dari pandemi Covid-19. Di samping itu, beberapa tokoh wanita inspiratif nasional juga diundang untuk menambah pengetahuan segenap Wanita Angkatan Udara, sekaligus agar wawasan tersebut dapat di-implementasikan di dalam setiap penugasan yang diberikan.

Untuk itu, dapat dijadikan peringatan hari jadi ini, sebagai momentum untuk senantiasa dapat memberikan pengabdian terbaik kepada bangsa dan negara, meskipun dalam kondisi tersulit yang tengah kita alami. Selanjutnya seiring dengan meningkatnya peran Wanita Angkatan Udara serta tantangan tugas TNI Angkatan Udara, maka penguasaan terhadap ilmu pengetahuan serta peningkatan wawasan, menjadi sebuah kewajiban untuk terus dikembangkan dan ditingkatkan, tambahnya.

“Jadilah prajurit sejati, yang tangguh dalam melaksanakan tugas pengabdian kepada bangsa dan negara, dengan tetap mempertahankan jati diri wanita Indonesia yang luwes dan beretika”, harapnya.

Dirgahayu Wanita Angkatan Udara
“Kanya Bhakti Sakti Sejati”

Baca juga:  Deru Belasan Pesawat Tempur TNI AU di Lanud Abd Saleh

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel