Berita

Danwingdikum Pimpin Ziarah Hari Bakti TNI AU ke-74

Dibaca: 4 Oleh 28 Jul 2021Tidak ada komentar
IMG 20210728 WA0031
#TNIAU 

TNI AU. Komandan Wing Pendidikan Umum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H., pimpin ziarah rombongan dalam rangka Peringatan ke-74 Hari Bakti TNI AU tahun 2021 di Taman makam Pahlawan Dreded dan diikuti oleh personel Lanud Ats dan Wingdikum dan Skadik jajaran, rabu (28/7/21).

Komandan Wing Pendidikan Umum Kolonel Sus Peni Saptaning Putri, S.H., M.H., mengatakan bahwa Kegiatan ziarah ini merupakan wujud penghormatan, penghargaan, mengenang jasa-jasa pejuang para pahlawan 74 tahun silam, tentang operasi udara pertama yang dilaksanakan oleh TNI Angkatan Udara. Bermodal keberanian dan semangat perjuangan, kadet penerbang Muljono, Sutardjo Sigit, dan Suharnoko Harbani berhasil menunjukkan bahwa Angkatan Udara tidak akan tinggal diam ketika kedaulatan negara terganggu,” terangnya.

Dalam keterbatasan dan pantang menyerah, dini hari 29 Juli 1947, Pangkalan Udara Maguwo dalam keadaan masih gelap, digetarkan oleh deru pesawat yang mengemban misi penyerangan ke tangsi-tangsi militer Belanda yang berada di Salatiga dan Ambarawa oleh Kadet penerbang Sutardjo Sigit dan Suharnoko Harbani menggunakan pesawat Chureng.

Baca juga:  Pesawat T-50i Golden Eagle Transit Di Baseops Lanud Balikpapan

Keberhasilan operasi tersebut, harus dibayar mahal dengan jatuhnya pesawat Dakota VT-CLA yang membawa obat-obatan untuk PMI, ditembak jatuh oleh pesawat Kitty-Hawk Belanda, sehingga para pahlawan bangsa Komodor Muda Udara Agustinus Adisutjipto, Komodor Muda Udara Abdulrachman Saleh, dan Opsir Muda Udara I Adi Soemarmo, gugur dalam peristiwa, terangnya.

“Peristiwa tersebut kita peringati sebagai Hari Bakti TNI Angkatan Udara,” jelasnya.

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel