TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Danyonko 464 Paskhas Kukuhkan Jabatan Dansimayon

By 05 Oct 2016 10:33Berita
Mustangsatriamandala

Batalyon Komando 464 Paskhas/Nanggala melaksanakan upacara pengukuhan jabatan Komandan Seksi Markas Batalyon sekaligus pemasangan tali kur tanda jabatan kepada Sersan Kepala Anang Prasetyo yang dipimpin langsung oleh Danyonko 464 Paskhas, Letkol Pas Yosafat Soelya di lapangan dalam Mayonko 464 Paskhas, Selasa (04/10).

Jabatan Dansimayon atau yang biasa di sebut Battalion Sergeant Major adalah seorang Bintara Senior pilihan yang bisa diposisikan sebagai “sofware berjalan” dari batalyon dimana semua SOP dan aturan tertulis maupun tidak tertulis yang berlaku sudah dikuasai.

Dansimayon bertanggung jawab langsung kepada Danyon berkaitan dengan tradisi, disiplin, pakaian, kinerja, standar dan moral prajurit. Dansimayon juga bertugas mengawasi pelaksanaan kegiatan yang direncanakan oleh staf operasi dan memberikan masukan apabila tidak sesuai dengan aturan yang seharusnya.

Tujuan lain dari pengukuhan Dansimayon ini adalah dalam rangka penguatan budaya organisasi. Komandan satuan silih berganti namun diharapkan dengan adanya Dansimayon maka tradisi dan budaya positif organisasi tidak tergerus oleh kebijakan-kebijakan yang silih berganti.

Jabatan ini secara struktural tidak ada dalam POP/DSP sehingga saat ini masih dikukuhkan sebagai suatu tradisi satuan tetapi tetap mendapatkan insentif khusus dari komandan batalyon. Namun harapan kedepan jabatan ini menjadi suatu pilot project dan kelak dapat dibakukan dalam Jabatan struktural dengan tunjangan jabatan yang sepadan sehingga dapat menjadi pemicu bagi para anggota untuk terus belajar dan mengisi diri sehingga kelak dapat terpilih sebagai Dansimayon.

Sebagai perbandingan di US Army, menjadi Sersan Mayor kompi/ batalyon/ brigade/ divisi/ angkatan adalah cita-cita setiap bintara dan bahkan mereka lebih memilih Sersan Mayor daripada menjadi perwira karena pertimbangan gengsi/kehormatan dan juga tunjangan yang menjanjikan. Seperti contoh Kepala Staf US Army memiliki seorang sersan mayor yang sangat menguasai segala hal yang berkaitan dengan US Army secara keseluruhan dan tentunya tunjangan yang didapatkan sekitar 2/3 dari besarnya tunjangan Kepala Staf US Army.

Pemasangan tali kur dan tongkat bukan sekedar untuk gagah-gagahan semata namun sebagai penanda bahwa jabatan tersebut memiliki peran yang penting dan juga akan menambah kewibawaan bagi pejabat tersebut sehingga anggota akan merasa lebih loyal dan segan, lanjut Danyon.

Serka Anang Prasetyo mulai mengabdi kepada Negara melalui TNI AU khususnya Korpaskhas sejak tahun 1990, yang bersangkutan merupakan alumni Sekolah Calon Tamtama angkatan XXV. Berbagai pengalaman tempur telah dilaluinya diantaranya penugasan Timor TImur, Nanggroe Aceh Darussalam dan Ambon. Serka Anang juga pernah terpilih menjadi duta perdamaian melalui Satgas Kontingan Garuda XXIII-F/Unifil tahun 2012.

Kirim Komentar/Pertanyaan

Verifikasi CAPTCHA *

Danyonko 464 Paskhas Kukuhkan Jabatan Dansimayon