Berita

Danyonko 465 Paskhas Brajamusti Buka Diklatsarmil Menwa Angkatan I Kalbar TA. 2014

Dibaca: 4 Oleh 19 Des 2014Tidak ada komentar
emb 314
#TNIAU 

Komandan Batalyon Komando 465 Paskhas Brajamusti Letkol Psk I Ketut Setia Budi membuka Pendidikan Latihan Dasar Kemiliteran Resimen Mahasiswa ( Menwa) Kalbar Angkatan I TA. 2014 di Markas Batalyon Komando 465 Paskhas Brajamusti, Lanud Supadio Pontianak, Kalimantan Barat, Kamis (18/12/2014)

Hadir dalam upacara Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Tedy Rizalihadi, Rektor Universitas Panca Bhakti (UPB), Dr Ir Rahmatullah Rizieq Msi, Rektor IAIN DR. H Thamrin Siregar M.Ag, Ketua Korps Menwa Indonesia ProvinsiKalbar, WaliHajarDewantoro, seluruh pejabat Batalyon Komando 465 Paskhasdan para alumni Menwa.

Diklatsarmil merupakan Program Kerja dari Korp Menwa Indonesia Kalbar yang diikuti 50 peserta didik dari resimen mahasiswa yang berasal dari lima perguruan tinggi di Kalbar. Yakni, dari Kabupaten Sambas STAIS, STKIP Sintang, Universitas Panca Bhakti (UPB) Pontianak, IAIN Pontianak dan Al Hud Ketapang.

Materi yang dilatihkan kepada peserta diantaranya adalah Peraturan Baris Berbaris, Peraturan Penghormatan Militer, Dasar Pengetahuan Bela Negara, Wawasan Kebangsaan ,dan Kemenwaan, Peraturan Urusan Dinas Dalam, SAR, Menembak, Mountainering, Refling yang akan dilaksanakan selama 3 hari.

Baca juga:  LANUD SUPADIO KUNJUNGAN KE PANTI ASUHAN

Komandan Batalyon Komando 465 Paskhas mengatakan, Perkembangan global yang cenderung mengarah adanya gerakan yang berbau rasis, ideologi, politik, sosial dan budaya yang dapat menimbulkan adanya gerakan-gerakan untuk memecah keutuhan NKRI,  untuk menjaga keutuhan NKRI tidak semata-mata hanya tugas TNI dan Polri tetapi sudah menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh komponen masyarakat, salah satunya adalah Menwa yang memiliki disiplin dan integritas tinggi Sesuai amanat UUD 1945.

Batalyon Komando 465 Paskhas mempunyai tugas dan kewajiban untuk melaksanakan tugas pembinaan SDM, SDA, dasar militer, bela negara kepada seluruh komponen masyarakat guna menimbulkan rasa Nasionalisme.

Mengakhiri sambutannya Letkol Psk I Ketut Setia Budi menekankan kepada seluruh peserta Diklatsarmil dan Pelatih agar dalam pelaksanaan latihan dilaksanakan dengan mengutamakan factor keamanan baik personel maupun materiil dalam setiap kegiatan, jaga integritas, soliditas dan team work serta jaga etika dan moral sehingga tidak terjadi hal-hal yang berbenturan dengan masyarakat.

“Diklatsarmil bukanlah upaya “militerisasi” terhadap masyarakat sipil tetapi Diklat  ini bertujuan untuk mengarahkan dalam bekal ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang bersifat keprajuritan dalam bentuk pengenalan disiplin, pembentukan mental dan fisik yang bertujuan untuk memupuk rasa kebangsaan dan cinta tanah air”, ujarnya.

Baca juga:  DIALOG INTERAKTIF HUT TNI AU KE 68 DI RRI NTB

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel