Berita

DARI LATIHAN “ SURYA SAKTI 2014” DIKABARKAN DUA PESAWAT HELIKOPTER MENDARAT DARURAT

Dibaca: 7 Oleh 20 Mar 2014Tidak ada komentar
IndonesianAF 1
#TNIAU 

Dari Latihan “Surya Sakti 2014” Lanud Suryadarma, dikabarkan dua pesawat Helikopter sedang melaksanakan dukungan operasi udara mengalami keadaan darurat (emergency) sehingga harus melakukan pendaratan darurat (force landing).

Pendaratan berhasil dengan aman, seluruh awak pesawat selamat namun daerah tersebut ternyata daerah musuh, akhirnya Kapten Pilot segera memutuskan untuk meninggalkan pesawat (escape) mencari daerah aman dengan membawa segala dokumen dan perbekalan yang ada sambil menunggu pertolongan dari lanud Suryadarma.

Dalam perjalanan menuju titik aman masih ada rintangan yang dihadapi yaitu Kondisi medan, pasukan musuh, cuaca dan lain-lain memaksa semua pasukan melakukan SERE ( Survival, Evasion, Resistace dan Escape). Tiba ditempat aman masih ada hambatan yaitu masih adanya simpatisan yang memungkinkan memberikan data kepada musuh, akhirnya diputuskan untuk titik pendaratan pesawat penolong (pick up point) berada di Danau yang dinilai aman. Ternyata betul simpatisan memberikan data kepada musuh dan satu pesawat musuh menyerang survivor. Dalam serangan ini tidak ada korban semua selamat dan segera berenang ketepian danau untuk segera meninggalkan tempat mencari yang lebih aman walaupun masih harus melewati rintangan tebing, sungai dan hutan rimba yang ganas diperparah kehabisan bahan makanan sehingga harus mencari makanan yang ada dihutan dan membuat bivak mendirikan tenda untuk bermalam sebelum datang pertolongan.

Baca juga:  Bersih, Bagian dari Iman

Demikian sekenario latihan yang dimainkan dalam gelaran Latihan Survival Dasar “ Surya Sakti 2014” hari kedua, Rabu ( 19/3) di Wilayah Citapen dan sekitarnya di pimpin langsung Direktur Latihan, Letkol Pnb Agus Setiawan, Kadisops Lanud Suryadarma. Sementara Wadirlat, Mayor Pnb Tarmuji mengawasi langsung jalannya latihan penyelamatan di air yang didukung para pelatih dari personel Lanud Suryadarma dan Kompi Senapan C Yonko 461 Paskhas dibawah kendali Komandan Latihan Kasi Kamhanlan,Mayor Psk Sigit M dan pelatih Letda Psk Tanto Widiyatmoko. Latihan akan berlangsung hingga Kamis (20/3) dengan materi penyeberangan basah di sungai, turun tebing, caraka malam dan bertahan hidup dengan makanan seadanya di hutan. Menurut Wadirlat, Mayor Pnb Tarmuji, dengan adanya koordinasi dan disiplin para peserta, latihan berjalan sesuai rencana tanpa hambatan dengan materi yang disiapkan berkaitan dengan kondisi darurat ketika menghadapi emergency di darat maupun di air.

Sebelum pelaksanaan latihan lapangan, Selasa Sore (18/3) Komandan Lanud Suryadarma Kolonel Pnb Tahyodi, S AP dengan sejumlah pejabat, mengadakan doa bersama masyarakat sekitar Citapen untuk memohon pada Yang maha Kuasa agar latihan tersebut lancar dan tidak ada hambatan. Selanjutnya Komandan memberikan talikasih berupa alat-alat olah raga kepada kepala dusun Parapan Citapen.

Baca juga:  DAY 1 BALI DEMOCRACY FORUM (KEDATANGAN PARA KEPALA NEGARA)

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel