Berita

Dari Simposium Perdospi 2014 : ”Kehadiran Dokter Spesialis Penerbangan Membuat Penumpang Nyaman”

Dibaca: 192 Oleh 15 Des 2014Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Kehadiran dokter spesialis penerbangan pada setiap kegiatan penerbangan, mempunyai peran penting dalam meningkatkan rasa nyaman penumpang pesawat.  Secara psikis keberadaan dokter spesialis penerbangan membuat penumpang bermental tinggi, karena mereka tahu kalau pilot pesawat yang mereka tumpangi telah direkomendasi sehat secara jasmani maupun rohani, sehingga akan dapat menjalankan tugasnya dengan baik. 

Demikian salah satu benang merah yang mengemuka pada symposium kesehatan penerbangan yang di gelar oleh Pehimpunan Dokter Spesialis Penerbangan Indonesia (Perdospi) di Lembaga Kesehatan Penerbagan dan Ruang Angkasa (Lakespra) TNI AU “Saryanto”, baru-baru ini.  Simposium yang diikuti puluhan dokter (umum dan spesialis penerbangan) serta dokter penerbangan dari maskapai penerbangan nasional itu, mengambil tema Basic Aviation Medicine In Daily Practice.

Ketua perdopsi Dr. H. Mardoko Tjokrowidikdo, SpM, SpKP (K) saat membuka symposium mengatakan, Perdospi memiliki peran penting dalam mendorong pemerintah untuk meningkatkan keamanan penerbangan melalui cek kesehatan fisik dan psikis para pilot..Oleh karena itu, perlunya dunia penerbangan memiliki aviation medicine minded dan sekaligus mengaplikasikannya dalam setiap kegiatan penerbangan untuk lebih mendorong terciptanya keselamatan penerbangan.

Baca juga:  PEMBEKALAN KASAU KEPADA SISWA SMKN 1 DENPASAR.

“Kami berharap agar  para dokter umum yang hari ini mengikuti symposium memiliki pemahaman yang sama dengan kami tentang pentingnya aviation medicine, dalam menunjang keselamatan penerbangan”  harap Dr. H. Mardoko Tjokrowidikdo, SpM, SpKP (K).

Dalam simposium kali ini tampil enam pembicara, dari Perdospi Marsda TNI (Purn) Dr. dr. Achmad Hidayat, Sp. B, MARS, Sp. KP,  dari Ditjen Perhubungan Udara dr. Eddy Alatas, MS, SpKP yang menyampaikan materi tentang “Laik Terbang Sesuai Peraturan Internasional”.  

Semenara dari PT. Garda Indonesia  tampil Dr Firman Rachman Masjhur SpKP dan Dr. Taufik Pasya Litaay, MM, Sp.KP yang menyampaikan materi tentang Aeromedical Transport  di Indonesia, selanjutnya Prof.Dr.H.K. Martono SH LLM McSc (Pakar Hukum Udara Universitas Tarumanegara) yang menyampaikan materi tentang Aspek Hukum Kesehatan Personel Penerbangan Di Indonesia  dan dari TNI AU KolKes Dr. dr. Wawan Mulyawan, SpBS(K), SpKP, AAK. Yang menyampaikan materi tentang “Kiat Terbang pada Orang-Orang dengan Kondisi Khusus”

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel