TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

DARI UDARA MEMANTAU DUNIA

By 17 Apr 2014Berita
emb-314

“Dari Udara Memantau Dunia” itulah tema yang diangkat Skadron Udara 4 Lanud Abd Saleh untuk mengisi acara talk show dalam program “I Love Malang Raya” di Agropolitan Televisi (ATV) Batu, Malang pada hari Rabu (16/4) yang dengan nara sumber Komandan Skadron Udara 4 Letkol Pnb Yose Ridha ST. didampingi Kasihar Skadron 4 Mayor Tek Louis Da Costa.

Tepat pukul 10.00 Wib. Komandan Skadron Udara 4 Letkol Pnb Yose di dampingi Mayor Tek Louis Da Costa secara live tampil di ATV Batu. Diawal wawancaranya, Host ATV menanyakan tentang tugas pokok dari Skadron 4 dan secara lugas Letkol Pnb Yose menjelaskan bahwa Skadron Udara 4 merupakan satuan pelaksana  operasional Lanud Abdulrachman Saleh dan berkedudukan langsung di bawah Wing 2 yang bertugas menyiapkan  dan  mengoperasikan  pesawat angkut berat untuk melaksanakan operasi dukungan udara dan operasi SAR terbatas.

Dalam pelaksanaan tugas tersebut Skadron Udara 4 menyelenggarakan fungsi. fungsi dengan melaksanakan pembinaan dan penyiapan awak pesawat beserta peralatan lainnya guna mendukung kegiatan operasi dan latihan.   Melaksanakan operasi angkutan udara untuk memindahkan personel atau barang dari satu tempat ke tempat yang lain dengan cara didaratkan atau diterjunkan.   Melaksanakan operasi pengungsian medis udara atau kontainer medis udara dari daerah operasi/latihan/bencana ke daerah tujuan yang memiliki fasilitas kesehatan. Melaksnakan pengisian bahan bakar di udara. Melaksanakan SAR sesuai dengan kemampuan pesawat.

Tema yang diusung ”Dari Udara Memantau Dunia” berawal dari Skadron Udara 4 memiliki tugas pemotretan udara sekaligus melaksanakan tugas pengintaian terhadap kekuatan musuh dalam misi operasi militer perang.  Para Penerbang dan Crew Skadron Udara 4 yang kesehariannya mengoperasikan pesawat Casa diwajipkan memiliki keahlian pemotretan udara dan pengintaian, agar mampu melaksanakan tugas dengan baik sesuai tuntutan tanggung jawabnya.

Sementara Mayor Louis turut memberikan penjelasan pula atas berbagai pertanyaan yang dilontarkan Host Atv, antara lain seperti menjelaskan tentang pembagian tugas dan tanggung jawab skadron udara 4 diantaranya Melaksanakan tugas operasi, latihan dan pemeliharaan pesawat, awak pesawat dan fasilitas‑fasilitas guna meningkatkan kesiapan operasional personel dan sista pesawat. Memberikan bimbingan dan mengawasi kegiatan staf serta flight-flightnya. Mengadakan koordinasi dan kerja sama dengan instansi‑instansi terkait di dalam dan di luar Skadron. Memberikan saran dan pertimbangan kepada Danwing mengenai hal‑hal yang berhubungan dengan bidang tugasnya. Danskadron Udara 4 dalam pelaksanaan tugas kewajibannya bertanggung jawab kepada Danwing 2. 

Setelah hampir 30 menit talk show berlangsung, beberapa penelpon hadir untuk menanyakan tentang keterkaitan pesawat yang akan dimiliki oleh Presiden Indonesia.  Secara bergantian Letkol Pnb Yose dan Mayor Tek Louis menjelaskan secara singkat aturan-aturan yang telah ditetapkan oleh Institusi TNI untuk pengawalan pesawat Presiden.   

Talk show Skadron Udara 4 yang berlangsung hangat tersebut menjadi lebih hidup dan variatif dengan tampilan filer berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan para Crew Skadron Udara 4 selama ini. 

Leave a Reply

Verifikasi CAPTCHA *

DARI UDARA MEMANTAU DUNIA