Berita

Darurat Asap Di Riau, TNI Kembali Kirimkan Pasukan Tangani Asap

Dibaca: 2 Oleh 16 Sep 2015Tidak ada komentar
9b842766a265b99c2bf19666b186f743
#TNIAU 

Sekitar seribu seratus pasukan lebih dari Kostrad, Marinir dan Paskhas diangkut menggunakan 4 Pesawat TNI Angkatan Udara dari Lanud Halim Perdanakusuma ke Lanud Rusmin Nuryadin, Pekanbaru, Riau untuk membantu menangani bencana asap. Pasukan diberangkatkan oleh Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dihadiri para pejabat teras Mabes TNI, Mabes Angkatan dan Komandan Satuan TNI dalam suatu upacara pemberangkatan di taxiway echo Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (15/9).

Dalam sambutannya Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menyatakan tujuan operasi bantuan penanganan bencana asap kepada Badan Nasional Penanggulanggan Bencana (BNPB) tersebut adalah untuk menyelamatkan ekosistem hutan dan membantu melindungi masyarakat yang ada di sekitarnya dari pengaruh buruk asap akibat kebakaran hutan. “Dalam tugas kalian di hadapkan medan dan tugas pemadaman api, saya tegaskan untuk tidak menyerah. Gunakan peralatan yang ada, jalin hubungan baik dengan pihak terkait, sedangkan personel Polisi Militer lakukan tindakan polisionil. Tegakkan aturan untuk menindak pihak-pihak yang melakukan pelanggaran hukum,” ujar Panglima TNI.

Setelah upacara Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam keterangan persnya menyatakan prajurit TNI yang diberangkatkan sekitar 4 SSY (Satuan Setingkat Batalyon) meliputi 2 SSY dari Kostrad, 1 SSY Marinir dan 1 SSY Paskhas. Mereka akan bertugas di wilayah Pekanbaru, yang beberapa hari dinyatakan darurat asap. Sementara itu, Kepala BNPB Willem Rampangilei menyatakan pasukan TNI akan bertugas selama 14 hari ke depan karena selama tiga hari sebelumnya, Riau mengalami darurat asap. Pasukan TNI di lapangan bertugas membantu, mencegah kebakaran asap serta menegakkan hukum di daerah akibat terjadinya bencana asap.

Empat pesawat TNI Angkatan Udara yang memberangkatkan 1159 pasukan TNI tersebut terdiri dari 1 Pesawat C-130 Hercules (A-1318) dan 3 CN 295 (A-2905,A-2906 dan A-2908). Pada Hari Selasa (15/9) menurut rencana pesawat akan terbang 2 sortie membawa sekitar 560 prajurit beserta perlengkapannya. Sisanya akan diterbangkan esok harinya. Seperti diketahui pada Kamis (10/9) lalu dari Lanud Halim Markas Besar TNI telah memberangkatkan 1050 pasukannya untuk menangani bencana asap yang terjadi di Sumatera Selatan.

Darurat Asap Di Riau, TNI Kembali Kirimkan Pasukan Tangani Asap

Baca juga:  16 Personel Lanud Balikpapan Naik Pangkat

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel