TNI AU - Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara

Demo Anarkis, Warga Minta Ganti Rugi Tanah

By 13 Mar 2019 Berita
HND_6876

TNI AU. Sekitar 100 warga sekitar Lanud Sultan Hasanuddin, Rabu (13/3) melaksanakan aksi demo di pintu Pos Pomau Lanud Sultan Hasanuddin. Aksi tersebut dilakukan untuk menuntut ganti rugi tanah yang ada di seputar Lanud Sultan Hasanuddin.

Warga ingin bertemu langsung dengan Danlanud Sultan Hasanuddin, selanjutnya dilaksanakan koordinasi antara warga dengan Lanud tetapi tidak ada kesepakatan dari kedua belah pihak sehingga suasana menjadi ricuh dan pendemo melakukan tindakan anarkis dengan melempar batu, merusak pembatas jalan dan melawan aparat yang bertugas di pos Pomau Lanud Sultan Hasanuddin.

Melihat situasi semakin memanas, Danlanud Sultan Hasanuddin memerintahkan untuk mengerahkan 1 kompi pasukan Penanggulangan Huru-hara (PHH) dengan mengenakan pakaian lengkap dengan didukung satuan satwa Pomau dan semprotan water canon untuk membubarkan aksi anarkis pendemo. Melihat hal tersebut, para pendemo menjadi dan dibarengi dengan membakar ban, sehingga masyarakat yang akan melewati jalan tersebut menjadi ketakutan dan memutar kembali kendaraannya.

Setelah dihalau dari pasukan PHH yang didukung pasukan satwa dari Pomau dan semprotan water canon, maka pendemo lari kocar-kacir dan membubarkan diri. Pasukan PHH juga berhasil menangkap provokator pendemo. Setelah dilaksanakan interograsi, warga masyarakat hanya ingin ganti rugi tanah yang sesuai.

Kejadian tersebut merupakan bagian dari skenario Latihan Satuan Sriti Gesit Lanud Sultan Hasanuddin Tahun 2019. 

 

Kirim Komentar/Pertanyaan

Demo Anarkis, Warga Minta Ganti Rugi Tanah