Berita

DEMO BELA DIRI AIKIDO DI SKADRON UDARA 45 LANUD HALIM

Oleh 21 Feb 2012 No Comments
#TNIAU 

Seni bela diri yang juga mengandung unsur sportivitas olahraga seperti Aikido diperkenalkan dalam demo singkat oleh Komandan Lanud Halim Marsma TNI A. Adang Supriyadi, S.E; beserta tim Padepokan Aikido Indonesia (PAI) dihadapan seluruh anggota militer maupun PNS TNI di hanggar Skadron Udara 45 Lanud Halim Perdanakusuma, Selasa (21/02).

Marsma TNI A. Adang Supriyadi, S.E; yang juga selaku Ketua Umum Organisasi Padepokan Aikido Indonesia (PAI) memperagakan gerakan-gerakan prinsip teknik Aikido yaitu dengan cara memanfaatkan tenaga lawan. Dalam artian, serangan dari lawan dinetralisir kemudian dialirkan kembali kepada lawan.

Dalam peragaan, Komandan yang juga memiliki tingkatan Sabuk Hitam Dan-1 Internasional ini dibantu oleh beberapa orang anggota tim dari Padepokan Aikido Indonesia (PAI), yakni Sensei Yano yang telah mencapai tingkat Sabuk Hitam Dan 4 Internasional; Sensei Sphinx (Sabuk Hitam Dan 2 Internasional); Sensei Mayor Pnb Fata (Sabuk Coklat Kyu 1 Internasional) serta Sensei Lettu Pnb Armin Yusuf yang juga telah memiliki Sabuk Hitam Dan 1 Internasional.

Baca juga:  Apel Pagi Wingdiktekkal

Selain itu, menurut Sensei Lettu Pnb Armin Yusuf, Padepokan Aikido Indonesia (PAI) berafiliasi dengan Aikido Kobe Sanda di kota Kobe-Jepang yang dipimpin oleh Etsuji Horii Shihan. Dimana pimpinannya ini telah mencapai level Sabuk Hitam Dan 7 Internasional.

Dijelaskan lebih lanjut, secara filosofi, Aikido memiliki arti yang sangat mendalam. Ai sama dengan harmonis; ki adalah energi sedangkan do sama artinya dengan jalan. Sehingga jika disatukan Aikido memiliki pengertian sebagai jalan menuju keharmonisan dengan energi positif.

Olahraga bela diri Aikido berawal dari negeri Jepang yang diperkenalkan oleh Morehei Oeshiba kemudian menyebar ke seluruh dunia termasuk merambah ke Indonesia yang dibawa oleh Sensei Mansyur dan Sensei Joseph Putiray.

Peragaan kali ini selain untuk memperkenalkan seni bela diri Aikido namun pula bertujuan memotivasi anggota Lanud Halim Perdanakusuma untuk meningkatkan kebugaran jasmani dengan berolahraga. Sebab dengan kondisi yang prima dan bugar akan pula berdampak sangat penting bagi tingkat kesiapan Lanud Halim Perdanakusuma dalam mengemban tugas-tugas Negara.

Baca juga:  TUANGKAN IDE & GAGASAN LEWAT ANGKASA CENDIKIA

Komentar