Berita

Demo “Dirgantara Rescue” Saka Dirgantara Pada Apel Besar HUT Pramuka ke-57 di Sulawesi Utara

Dibaca: 235 Oleh 27 Agu 2018Tidak ada komentar
Demo "Dirgantara Rescue" Saka Dirgantara Pada Apel Besar HUT Pramuka ke-57 di Sulawesi Utara
#TNIAU 

IMG-20180827-WA0005

TNI AU.  Dalam rangka menyambut peringatan ke 57 hari ulang tahun Pramuka tingkat Provinsi Tahun 2018, Kwartir daerah gerakan Pramuka Sulawesi Utara, menyelenggarakan Apel besar gerakan Pramuka ke 57 tahun 2018 bertempat di Lapangan Manguni Sasaran Tondano Kabupaten Minahasa , Sulut, Jumat (24/8).

Hadir pada kesempatan itu jajaran Forkopimda Sulut, Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Nav Wahyu Pratomo Pujo, Ketua Kwartir daerah Sulut Ibu Vanda Sarundajang, para Wakil Kwartir Daerah, serta pengurus Kwartir cabang se Sulawesi Utara. Tampil sebagai Inspektur upacara Sekda Kabupaten Minahasa Jefry Korengkeng, mewakili Gubernur Sulawesi Utara sangat mengapresiasi dan memberi dukungan kepada Gerakan Pramuka sesuai dengan UU no. 12 Tahun 2010 tentang Kepramukaan.

Selesai upacara dilanjutkan dengan atraksi atraksi. Di awali atraksi tari Kabasaran oleh pramuka Bitung, selanjutnya atraksi bongkar pasang senjata oleh Saka Dirgantara dan dilanjutkan dengan atraksi “Dirgantara Rescue” dari Saka Dirgantara Sulut, yang mengambil skenario upaya pencarian dan pertolongan korban kecelakaan pesawat.

IMG-20180827-WA0003

Dalam skenario diceritakan, ada sebuah pesawat manguni air , rute Gorontalo Manado hilang kontak dengan Tower Bandara Sam Ratulangi. Pihak Bandara menginformasikan kejadian tersebut ke Lanud Sam Ratulangi untuk upaya pencarian dan pertolongan. Komandan Lanud Sam Ratulangi segera memerintahkan tim Sar Lanud berkoordinasi dengan Basarnas dibantu dengan tim Dirgantara Rescue Saka Dirgantara yang di prakarsai oleh Kadisops Lanud Sam Ratulangi Letkol Nav Wahyu Pratomo Pujo, melakukan upaya pencarian dan pertolongan.

Baca juga:  Ketua Pia Ardhya Garini dan Yasarini Lanud Sam Ratulangi Berikan Bantuan Buku Cerita ke TK Angkasa

IMG-20180827-WA0006

Tim Dirgantara Rescue yang di lengkapi dengan motor trail dan repling untuk pencarian darat serta mengerahkan Drone dan Aeromodeling kamera yang diterbangkan oleh Mayor Kes Johny Gumansalangi juga merupakan Pimpinan Saka Dirgantara Lanud Sam Ratulangi untuk pencarian udara akhirnya menemukan titik lokasi jatuhnya pesawat di seputaran Danau Tondano. Setelah menemukan lokasinya tim Dirgantara Rescue segera melakukan tindakan penyelamatan dan evakuasi korban. Dengan menurunkan tim Rapling ke lokasi karena sulit di jangkau lewat jalan kaki. Setelah itu tim keslap Dirgantara Rescue membuat tandu dan tenda darurat untuk proses pertolongan pertama sebelum di evakuasi. Para korban segera di tolong sesuai prioritasnya. Akhirnya semua korban dapat segera tertolong dan segera di evakuasi ke rumah sakit terdekat. Demikian sekilas skenario demo Dirgantara Rescue pada Apel besar Hut Pramuka Provinsi Sulut ke 57.

Dalam demo tersebut banyak peserta upacara yang antusias menyaksikan dan disambut dengan decak kagum para peserta upacara, karena baru pertama kali atraksi seperti ini di lakukan pada upacara Hut Pramuka di Sulawesi Utara. Para pejabat daerah yang hadirpun merasa senang dan kagum menyaksikan demo tersebut, bahkan mengundang Saka Dirgantara untuk mengisi acara Hut Pramuka tingkat Provinsi Tahun depan, yang rencananya di laksanakan di Bolaang Mongondow.

Baca juga:  KASAU : MOTTO KANYA BHAKTI SAKTI SEJATI SEBAGAI INSPIRASI BERTUGAS

Terkait

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel