Berita

Dengan 29 Jam Terbang Lulus Terbang Solo F-16

Dibaca: 15 Oleh 15 Mei 2010Tidak ada komentar
P-51 Mustang, Perintis Tim Aerobatik TNI Angkatan Udara
#TNIAU 

Tanggal 23 Juli 2009 merupakan hari bersejarah bagi Lettu Pnb Anwar Sofi, karena di hari tersebut lettu Pnb Anwar telah dinyatakan lulus terbang solo dengan menggunakan pesawat F-16/Fighting Falcon yang ditandai dengan pemecahan telor diatas kepala dan penyiraman air kembang di Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi, Kamis (23/7).

 

Lettu Pnb Anwar Sofi yang lahir di kota Malang 25 tahun yang lalu adalah putra pasangan Ahmad Sugianto dengan Asli Nuruniah yang berprofesi sebagai guru merupakan lulusan AAU tahun 2005, Sekbang angkatan 74 tahun 2007, berhasil lulus terbang solo dengan menggunakan pesawat F-16 dengan nomor registrasi TS-1601.

 

Terbang solo melaksanakan General Flying (GF) dan Instrument Flying (IF)dilaksanakan pada ketinggian di atas15.000 feet dengan kecepatan 250 s.d 400 knots di Trainning Area Lanud Iswahjudi. Terbang solo pertama kali dikawal langsung oleh Komandan Skadron Udara 3 Letkol Pnb Fajar Adriyanto dengan menggunakan pesawat yang berbeda.

 

Sebelum dinyatakan lulus terbang solo dengan menggunakan pesawat F-16 , Lettu Pnb Anwar melaksanakan proses transisi F-16 dengan mengantongi 29 jam terbang. Lettu Pnb Anwar Sofi pernah menempuh pendidikan (Sekbang) di Amerika selama satu tahun. Dengan berhasilnya lulus terbang solo, Lettu Pnb Anwar mengantongi 450 jam terbang dengan menggunakan berbagai jenis pesawat diantaranya AS-202 Bravo, T-34 Charlie, T6 II (yang ditempuh di Amerika) dan F-16/Fighting Falcon.

Baca juga:  Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) Pusat Mengadakan Festival Sekolah Angkasa (FESA) dan (AMSO) Tahun 2020

 

Komandan Lanud Iswahjudi Marsma TNI Bambang Samoedro, S.Sos, mengatakan, bahwa lulus tarbang solo merupakan awal karier bagi Lettu Pnb Anwar Sofi, di Skadron Udara 3. Selanjutnya Danlanud menegaskan agar terus belajar dan bertanya kepada para senior dan juga kepada ground crew guna memperkaya pengetahuan sebagai bekal untuk mengoperasionalkan pesawat F-16/Fighting Falcon.

Kirim Tanggapan

Made with passion by Vicky Ezra Imanuel